Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

The Miniature History: Belajar Sejarah Dunia Lewat Komunitas

46
dok: Raden Joko
dok: Raden Joko

Jakartakita.com – Jakarta adalah gudangnya komunitas. Beragam komunitas mulai dari komunitas otomotif, kuliner, historia, fotografi sampai komunitas kolektor mainan ada di Jakarta.

“The Miniature History” adalah salah satu komunitas unik yang ada di Jakarta. Mungkin tidak banyak yang tahu keberadaan komunitas unik ini. Karena memang komunitas ini masih terbilang baru.

Komunitas yang terbentuk di bulan April 2014 ini adalah sekumpulan para kolektor pernik-pernik berbau sejarah dan militer. Sebagian besar koleksinya memang dari ‘King & Country’, produsen miniatur mainan sejarah dan militer.

Para anggota komunitas “The Miniature History” biasa berkumpul tiap pekan untuk saling memamerkan koleksi. Tak hanya saling pamer dan bertukar koleksi, di komunitas ini para anggota juga belajar sejarah dunia. Dari sejarah Napoleon Bonaparte, Mesir Kuno, Kekaisaran Cina, Nazi, hingga perang dunia kedua.

Hingga Januari 2015, anggotanya baru sekitar 30-35 orang saja. Anggotanya berasal dari beragam latar belakang profesi, dari pengusaha sampai pilot. Kebanyakan anggotanya memang masih dari kalangan ‘berduit’. Karena harga koleksi ‘King & Country’ masih cukup mahal.

Tak hanya dari Jakarta, anggotanya pun berasal dari Bandung, Surabaya bahkan kolektor dari Singapura dan Malaysia. Karena memang sampai saat ini untuk kawasan ASEAN, produk ‘King & Country’ baru memiliki authorized distributor di Indonesia, khususnya di Jakarta, yaitu di daerah Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Para anggota komunitas biasa mendapatkan koleksinya dengan membeli langsung di authorized distributor ‘King & Country’ Jakarta, atau lewat online. Tentu saja mendapatkan barang koleksi yang hanya diproduksi 1000 unit setiap seri di seluruh dunia, bukanlah hal yang mudah. Terkadang bila koleksi yang diinginkan ternyata sudah tidak dijual di toko resmi, para kolektor rela berburu lewat situs ebay atau tukar koleksi dengan kolektor di luar negeri.

Walaupun masih tergolong baru. Namun komunitas “The Miniature History”sudah cukup sering mengikuti pameran, terutama di toys fair dan die-cast fair. Para anggotanya pun cukup aktif berpromosi di media sosial.

Jakartakita sempat berbincang dengan Raden Joko, salah satu anggota aktif dari komunitas “The Miniature History”. Programmer yang bekerja di salah satu perusahaan asing ini menyampaikan harapannya pada komunitas tersebut.

Dia ingin, kedepannya akan lebih banyak peminat sejarah di Indonesia yang bergabung dengan komunitas ini. Hingga suatu hari nanti, ‘King & Country’ juga memproduksi seri para tokoh sejarah Indonesia, seperti; Bung Karno, Bung Hatta, Jenderal Sudirman, dan lain-lain.

Tentunya ‘King & Country’ sebagai produsen miniatur mainan berbau sejarah dan militer akan melihat potensi pasar. Jika banyak kolektor yang merupakan pelanggan setia ‘King & Country’ yang meminta seri sejarah Indonesia, bukan tak mungkin ‘King & Country’ juga akan memproduksinya. Dan jika hal tersebut terjadi, maka sejarah Indonesia juga akan mendunia, sama seperti sejarah Napoleon Bonaparte, Perang Dunia, dan lain-lain. Angkatan bersenjata Indonesia, sama kerennya dengan US Air Force. Begitupun tokoh nasional Indonesia sama ‘beken’-nya dengan Alexander The Great.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: