Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

YLKI : Banyak Maskapai Dapat Pengaduan Masyarakat

20

imagesJakartakita.com – Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sudaryatmo, mengungkapkan bahwa, masih banyak maskapai penerbangan di Indonesia yang menerima pengaduan dari masyarakat penggunanya. Hal tersebut menjadi suatu ironi ditengah pesatnya pertumbuhan industri airlines di Tanah Air.

Dia pun membandingkan dengan banyak negara lain, misalnya di Amerika Serikat, di mana regulatornya benar-benar menerapkan sanksi bagi maskapai yang tidak disiplin. “Di Indonesia sanksi yang dijatuhkan regulator ke airlines itu minim. Dari data YLKI menunjukkan bahwa di tengah pertumbuhan airlines yang begitu pesat, dibutuhkan regulator yang full power,” kata dia, Ahad (25/1) lalu.

Adapun maskapai penerbangan Lion Air adalah maskapai yang paling banyak mendapat pengaduan dari masyarakat, sepanjang 2014 lalu.  “Dari enam maskapai terbesar, Lion Air paling banyak dapat pengaduan masyarakat yakni sekitar 24 pengaduan,” katanya.

Sementara itu Tiger Mandala Air dan AirAsia Indonesia mendudair asia indonesiauki peringkat kedua terbanyak, maskapai yang diadukan masyarakat ke YLKI, masing-masing 6 aduan. Maskapai pelat merah, Garuda Indonesia Airlines pun tak luput dari aduan masyarakat. Pada 2014 lalu, YLKI mencatat ada 5 pengaduan masyarakat. Jumlah ini sama dengan aduan masyarakat terhadap Sriwijaya Air.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: