Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Nantikan Pameran Batu Akik Terbesar Gemstone Fair 2015!

493

Batu AkikJakartakita.com – Kabar gembira bagi Anda penggemar batu akik. Pada 5-8 Februari 2015 akan ada Gemstone Fair 2015 di Mall Bekasi Junction, Kota Bekasi, Jawa Barat. Pameran akan buka sejak pukul 09.00 sampai 21.00 WIB. Walikota Bekasi, Rahmat Effendi, dijadwalkan membuka pameran batu terbesar dan terlengkap tersebut.

Seperti dimuat laman indonesia.travel, Senin (26/1), tidak kurang dari 100 stan akan memenuhi lokasi pameran dimana pengunjung dapat menemukan bermacam batu mulia khas Nusantara seperti batu bacan, batu kecubung dan masih banyak lagi.

Gemstone Fair 2015 yang diselenggarakan oleh Media Patriot bekerjasama dengan Bekasi Junction dan Majalah Bursa Permata tersebut diadakan sebagai ajang silaturahmi mereka yang gemar mengoleksi batu akik, juga para penjualnya, khususnya batu khas Nusantara.

Tujuan diselenggarakannya Gemstone Fair adalah sebagai ajang silaturahmi para penjual dan pengoleksi batu akik, khususnya batu khas Nusantara.

Perlu diketahui, nusantara memiliki beraneka jenis batu yang tersohor hingga mancanegara sejak masa raja-raja dahulu. Beberapa ragam batu yang berasal dari Indonesia itu menjadi buruan kolektor dan penggila perhiasan dengan harga bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Batu akik tersebar di seluruh Nusantara baik di gunung, dalam tanah, sungai hingga pinggiran pantai. Batu-batu akik memiliki warna dan motif yang indah. Pada jenis tertentu, batu tersebut memiliki serat-serat kaca dan ada pula yang tembus pandang.

Ada beberapa batu khas Nusantara yang terus diburu oleh kolektor, diantaranya batu bacan yang didapat dari Kepulauan Maluku Utara. Batu ini begitu istimewa karena dipercaya mampu berubah warna seiring berjalan waktu. Batu ini mampu mendispersikan cahaya, tambangnya terletak di Martapura, Kalimantan Selatan. Sementara Kabupaten Lebak, Banten, terkenal akan batu kalimaya yang memiliki aneka warna seperti hitam, cokelat dan kuning.

Dari Kota Pangkalanbun, Kalimantan Tengah, terdapat batu kecubung yang merupakan jenis batuan mineral kuarsa yang berwarna ungu sampai merah muda. Warna ungu identik dengan para raja sehingga konon batu ini kerap digunakan oleh sultan dan kerabatnya.

Nah, jangan lupa catat tanggalnya ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: