Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Jakarta Masuk Kategori Kota Paling Berbahaya di Dunia

45

JakartaJakartakita.com – Sebuah lembaga survei, Economist Intelligence Unit (EIU), baru saja merilis hasil jajak pendapat soal kualitas keamanan (the Safe City Index) di 50 kota di dunia. Hasilnya, Jakarta dinobatkan sebagai kota paling tidak aman sejagat, dengan skor 53,71 bersama empat negara lainnya.

Kategori yang jadi penilaian seperti keamanan warga, infrastruktur, digital, hingga jaminan kesehatan. Turut diperhatikan adalah angka kejahatan, jumlah warga meninggal akibat kematian tidak wajar, serta kemampuan teknologi informasi pemerintah setempat memantau aktivitas kejahatan.

Kondisi ini berbanding terbalik dengan Singapura, Osaka dan Tokyo. Tingkat keamanan di tiga negara ini justru paling tinggi.

Sebelumnya, pada November 2014, Thomson Reuters Foundation juga pernah merilis hasil jajak pendapat tentang kota yang paling mengkhawatirkan untuk kaum hawa. Lembaga ini melakukan survei mengenai pelecehan yang terjadi dalam angkutan umum di kota-kota besar dunia.

Berdasarkan hasil jajak pendapat tersebut, Jakarta masuk dalam 5 besar kota paling berbahaya bagi kaum hawa setelah Bogota, Meksiko, Lima, dan New Delhi. Sedangkan di Amerika Serikat masuk dalam kategori angkutan umum paling aman untuk kaum hawa, seperti dikutip dari CNN, New York dinilai sebagai yang terbaik di antara 16 kota yang dipelajari, kemudian disusul oleh Tokyo, ibu kota terbesar dunia dengan 38 juta penduduk, lalu Beijing dan London.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: