Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Manfaat Menelan ‘Upil’ Bagi Kesehatan

37

NgupilJakartakita.com – Hayo, siapa di antara Anda yang hobi ‘mengupil’? Kebiasaan mengupil bagi banyak orang memang mengasyikan. Karena dianggap melanggar norma kepantasan, mengupil sering dilakukan sembunyi-sembunyi.

Lantas bagaimana dengan seseorang yang hobi memasukkan ‘upil’ ke mulut? Huek! Memang terlihat menjijikkan namun ternyata menelan ‘upil’ berkhasiat untuk kesehatan Anda. Loh kok bisa?

Seorang profesor biokimia dari University of Saskatchewan, Scott Napper pernah meneliti efek yang ditumbulkan dari menelan ‘upil’. Alih-alih dianggap menjijikkan, ternyata Napper menemukan fakta sebaliknya.

Dari hasil penelitiannya, Napper menemukan bahwa dengan mengonsumsi patogen yang ditangkap oleh lendir hidung, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena kotoran hidung atau ‘upil’ terbentuk karena lendir atau mucus yang keluar sebagai bentuk perlindungan terhadap benda asing yang masuk dari luar. Lendir bekerja menangkap benda asing yang tidak diinginkan. Upil dihasilkan dari lendir tersebut yang telah mengering.

Seperti dilansir dari CBC Canada, Napper menambahkan, dari perspektif evolusioner, manusia berkutat dalam kondisi yang kotor dan keinginan untuk hidup di lingkungan steril mungkin tidak sepenuhnya bermanfaat. Salah satu contohnya adalah menelan ‘upil’ sendiri yang dianggap menjijikan ternyata justru bermanfaat bagi kesehatan.

Nah, Anda tertarik menelan ‘upil’ sendiri untuk kesehatan?

1 Comment
  1. benben says

    “Nah, Anda tertarik menelan ‘upil’ sendiri untuk kesehatan?”

    TIDAK TERTARIK

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: