Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Microsoft Kembali Gelar Imagine Cup

48

Tim Solite Studio dari Universitas Trunojoyo, Madura, Indonesia berhasil menjadi juara  ke-2 kompetisi Games, Imagine Cup 2013 tingkat dunia. Tahun ini, Microsoft kembali cari developer muda untuk wakili Indonesia di pangJakartakita.com – Microsoft kembali menyelenggarakan Imagine Cup di Indonesia, sebuah ajang kompetisi teknologi global paling bergengsi bagi para pelajar dan mahasiswa untuk menciptakan dan mengembangkan aplikasi yang nantinya akan dilombakan pada tingkat global.

Sama seperti tahun sebelumnya, Imagine Cup 2015 akan dibagi menjadi tiga kompetisi utama, yaitu Games, Innovation dan World Citizenship.

Namun yang berbeda di penyelenggaraan tahun ini, Microsoft juga mengajak perusahaan pemerhati pengembangan teknologi terutama di kalangan anak muda, yaitu Telkom sebagai sponsor utama yang menfasilitasi dukungan infrastruktur teknologi yang diperlukan dalam Acara Imagine Cup 2015 dan United States Agency for International Development, USAID yang khusus mendukung kategori World Citizenship.

Anthonius Henricus, Developer Experience Director, Microsoft Indonesia mengatakan, Imagine Cup merupakan bagian dari program Citizenship Microsoft sebagai wujud komitmen kami untuk mengembangkan bakat anak muda menjadi digital entrepreneur.

“Microsoft mengajak para pelajar dan mahasiswa berbakat Indonesia untuk ikut berkarya melalui pengembangan aplikasi yang dapat bermanfaat bagi masyarakat. Komitmen kami ini sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan kewirausahaan, salah satunya di bidang teknologi informasi, agar dapat mengurangi pengangguran,” katanya, melalui siaran pers di Jakarta, Rabu (28/1).

Sebagai informasi, Imagine Cup dikenal sebagai ajang perlombaan yang tidak hanya berfokus pada inovasi teknologi, tetapi juga perlombaan yang menekankan asas manfaat teknologi untuk lingkungan sekitar. Misalnya, pemenang kategori World Citizenship tahun lalu, tim DigiD2 dari Institut Teknologi Surabaya, mengembangkan aplikasi yang dapat membantu proses belajar anak-anak yang mengalami autisme.

Selama 10 tahun, Indonesia telah berpartisipasi pada ajang Imagine Cup sejak tahun 2005 dan membuktikan prestasi anak bangsa di tingkat dunia. Pada tahun 2013, tim Indonesia yang diwakili oleh tim Solite Studio, mahasiswa dari Universitas Trunojoyo Madura, berhasil meraih juara kedua kompetisi Games pada Imagine Cup 2013, dengan game-nya yang disebut “Save The Hamsters”.

Pada tahun 2014, tim DigiD2 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, IDE DELTA dari Institut Teknologi Bandung, dan New Eleven Del dari Institut Teknologi Del, Sumatera Utara berhasil mencapai tahap Worldwide Semifinal.

Untuk informasi lebih lanjut terkait kompetisi Imagine Cup 2015, silakan kunjungi www.imaginecup.com.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: