Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ahok Usulkan Sistem Tarif Berbayar di Jalan Non Tol

0 22

Jalan tolJakartakita.com – Rupanya Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), tak pernah bosan ‘menggelontorkan’ ide-ide gila untuk menjadikan Jakarta bebas macet. Salah satunya dengan penerapan Electronic Road Pricing (ERP). Belum kelar mewujudkan ERP di jalanan Jakarta. Ahok kembali mengeluarkan ide gila. Dia ingin menerapkan sistem berbayar pada mobil yang melintas di jalan layang non tol (JLNT).

Sekilas kebijakan tersebut mirip ERP. Namun Ahok yang ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (30/1/2015), menjelaskan bahwa kebijakan tersebut berbeda dengan sistem Electronic Road Pricing (ERP) dan masih dalam tahap kajian. Menurutnya, ide ini untuk mementahkan tudingan yang menyebut pembangunan jalan layang hanya menguntungkan pengembang yang bergerak di bidang properti.

Dia juga membantah disebut pro pengguna mobil terkait kebijakan motor dilarang lewat HI. Sebab, kebijakan yang dibuat untuk pemilik mobil juga dengan tidak gratis.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ahok membolehkan mobil pribadi melintas jalur bus Transjakarta asal bayar. Mekanismenya nanti setiap mobil ditempelkan e-money di board mobil pribadi. Ketika masuk jalur busway, saldo e-money akan terpotong secara otomatis hingga Rp 500 ribu.

Dia menambahkan, besaran potongan saldo untuk dapat masuk jalur Transjakarta itu bisa ditingkatkan lebih tinggi. Jika ternyata arus kendaraan pribadi menyebabkan kemacetan di Jakarta.

Leave A Reply

Your email address will not be published.