Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ini Dia 4 Penyebab Pengeroposan Gigi

35

download (2)Jakartakita.com – Tahukah Anda, aktivitasi sehari-hari, makan dan minum, serta gaya hidup Anda, dapat mempercepat proses pengeroposan pada gigi Anda.

Menurut Research and Innovation Manager Formula Oral Care, Puji Astuti, ada empat faktor yang menyebabkan pengeroposan pada gigi.

Faktor pertama, adalah kondisi, bentuk atau struktur gigi yang memengaruhi kerentanan gigi dan mulut pada peningkatan kadar asam.

Faktor kedua dan ketiga adalah mikroorganisme dan substrat atau sisa makanan/minuman yang melekat pada gigi atau bagian sekitarnya.

“Sebenarnya, aktivitasi sehari-hari, seperti makan dan minum serta gaya hidup, menyebabkan mulut sendiri rentan terjadi proses pengeroposan gigi,” katanya, baru-baru ini, disebuah acara.

Lebih lanjut dijelaskan, sebenarnya dalam keadaan normal gigi memiliki pertahanan yang baik untuk mengatasi pengeroposan. Gigi dapat memperbaiki dirinya sendiri melalui mineral-mineral yang disediakan oleh air liur.

Namun, lanjutnya, paparan asam terus menerus akan menyebabkan lapisan email gigi semakin tipis dan akhirnya menyebabkan pengeroposan.

Faktor waktu atau paparan asam yang terus-menerus itulah, menurut Puji, yang manjadi faktor keempat dan merangkum proses pengeroposan gigi.

“Jangka waktu yang lama dengan paparan asam akan menyebabkan pengeroposan gigi. Apalagi jika Anda merupakan perokok. Kandungan tar yang mengendap menjadi lapisan keras, akan memperparah proses pengeroposan gigi,” pungkasnya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: