Take a fresh look at your lifestyle.

Indeks Keyakinan Konsumen Januari 2015 Menguat

0 1,091

download (1)Jakartakita.com – Bank Indonesia melaporkan bahwa Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Januari 2015 tercatat sebesar 120,2, meningkat dari 116,5 pada bulan sebelumnya.

Dalam rilis yang disiarkan Selasa (3/2), mengungkapkan, penguatan tersebut didorong oleh meningkatnya optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi 6 bulan mendatang dibandingkan dengan kondisi ekonomi saat ini, terutama pada aspek kegiatan usaha dan penghasilan.

Related Posts
1 daripada 6,412

Hasil survei juga menunjukkan bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga pada April 2015 masih mengalami penurunan, dengan penurunan terbesar terjadi pada kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau. Hal tersebut ditengarai terjadi karena pengaruh penurunan harga BBM bersubsidi pada awal tahun 2015.

Sementara itu, survei juga mencatat peningkatan penghasilan masyarakat yang lebih tinggi dari peningkatan konsumsi mendorong kenaikan jumlah tabungan pada Januari 2015. Porsi tabungan terhadap pendapatan (savings to income ratio) pada Januari 2015 adalah sebesar 14,2%, naik dari 13,0% pada bulan sebelumnya.

Hasil lengkap survei dapat dilihat dalam Survei Konsumen di website Bank Indonesia, www.bi.go.id.

 

Tinggalkan komen