Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Kota Tua Masuk Nominasi Situs Warisan Dunia oleh UNESCO

39

Kota TuaJakartakita.com – The Jakarta Old Town Revitalization Corporation (JOTRC) dan Jakarta Endowment for Art and Heritage (Jeforah) gelar gala dinner sebagai wujud syukur atas terpilihnya Kota Tua mewakili Indonesia dalam nominasi UNESCO World Heritage Site di Cafe Batavia Jalan Pintu Besar Utara nomor 14 Jakarta Barat.

Kota Tua Jakarta akhirnya terpilih untuk mewakili Indonesia masuk dalam tentative list nominasi Unesco World Heritage Site mengalahkan delapan situs lainnya, yakni Tanah Toraja, Muarajambi, Trowulan – Majapahit, Sangkulirang – Prehistoric Caves Sites, Kepulauan Banda, Rumah Gadang Sijunjung Minangkabau, dan Kota Tua Semarang. Sementara, posisi kedua diduduki oleh situs Sawah Lunto yang akan menjadi cadangan.

Keberhasilan itu tidak terlepas dari dukungan dan kerja sama seluruh stake holder seperti PT. POS Indonesia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan seluruh tim konsorsium.

Sebelumnya, Kota Tua dimasukkan ke dalam nominasi itu setelah diajukan melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Jeforah dan JOTRC membantu mempersiapkan segala persyaratannya sejak bulan Mei 2014.

Jika Kota Tua nantinya ternyata terpilih sebagai situs warisan dunia, maka Pemprov DKI akan lebih meningkatkan pemeliharaan di kawasan seluas 1,3 kilometer persegi itu.

Rencananya, Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) juga akan menghadiri gala dinner nanti malam (3/2/2015) di Cafe Batavia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: