Take a fresh look at your lifestyle.

Konsep One City One Factory Bisa Bangun Kota Baru

0 985

imagesJakartakita.com – Direktur Utama PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) Setyono Djuandi Darmono, di Jakarta, Selasa (3/2) mengusulkan kawasan industri terpadu memiliki konsep one city one factory. Gambaran konsep tersebut adalah satu industri besar akan membangun kota-kota baru.

Setyono mencontohkan, seperti perusahaan boneka barbie yang tenaga kerjanya 15 ribu orang, kalau dipindahkan ke Kendal, Jawa Timur akan langsung mempunyai suply chain-nya.

Related Posts
1 daripada 6,414

“Itu pindah semua. Satu pabrik sudah cukup untuk mengembangkan satu kota baru. Bisa jadi kota boneka. Kemudian Samsung juga diajak ke suatu daerah untuk bikin pabrik besar yang memproduksi handphone, pasti sparepart-nya pada datang,” katanya.

Dijelaskan, untuk kawasan industri Jababeka sendiri, memiliki luas lahan sekitar 5.600 hektar dengan lebih dari 2.000 pabrik yang terdiri dari 30 negara.

“Itu termasuk perumahan, education park, medical city, komplit lah. Jadi yang membangun kawasan industri terpadu dengan perumahan dengan segala fasilitasnya kan Jababeka,” jelasnya.

 

Tinggalkan komen