Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Cokelat, Si Manis dengan Segudang Manfaat

48

CokelatJakartakita.com – Hampir semua orang menyukai cokelat. Rasanya yang manis biasanya selalu mengundang orang untuk memakannya, meski tahu bahwa cokelat juga menimbulkan kegemukan. Cokelat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun harus diingat bahwa konsumsi cokelat hitam dalam jumlah yang sangat kecil yang baik bagi tubuh Anda.

Juga, perhatikan bahwa hanya beberapa jenis cokelat yang sehat, karena banyak cokelat mengandung bahan-bahan yang tidak sehat. Rahasia utama di balik nilai gizi cokelat adalah kakao.

Kandungan kakao murni pada dark chocolate dapat mengurangi stress, mengurangi kolesterol, mengurangi berat badan, membantu kerja jantung, anti oksidan dan mencegah stroke. Nah, ternyata salah besar menyalahkan hobi makan cokelat sebagai penyebab tubuh gendut. Carilah cokelat yang memiliki sedikit kandungan gula dan susu.

Cokelat juga sering dianggap sebagai makanan cinta. Kesan sensual dari orang yang memakan cokelat terasa saat tekstur cokelat yang lembut, lumer di mulut. Selain itu, coklat dapat memberikan efek nyaman, rileks dan dapat meningkatkan gairah seksual.

Rasa nyaman yang ditimbulkan setelah menikmati coklat bukan hanya perasaan saja, karena coklat mengandung ratusan zat yang memungkinkan terjadinya reaksi kimia di otak. Zat-zat inilah yang merangsang aktifnya serotonin di otak yang selanjutnya akan memicu perasaan nyaman seseorang. Selain itu, zat terbanyak yang terkandung dalam coklat adalah theobromine yang dapat menstimulasi jaringan saraf dan jantung yang membuat kita terjaga dan bersemangat. Efek ini yang sama juga bisa diperoleh dari kafein pada kopi atau teh. Manfaat lainnya dari theobromine adalah dapat meredakan batuk.

Selain itu di dalam cokelat juga terdapat phenylethylamine yang berfungsi membantu penyerapan dalam otak dan menghasilkan dopamine. Dopamine adalah hormon yang menyebabkan perasaan gembira, meningkatkan rasa tertarik dan dapat menimbulkan perasaan jatuh cinta. Itulah alasan lain mengapa coklat sering diberikan sebagai hadiah tanda cinta, sebuah perlambang romantisme.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: