Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Jumlah Bakteri di Smartphone, Lebih Banyak Daripada Toilet

39

SmartphoneJakartakita.com – Tahukah Anda, walaupun smartphone yang Anda pegang setiap saat terlihat ‘kinclong’, ternyata adalah ‘sarang’ bakteri berbahaya. Bahkan menurut penelitian, jumlah bakteri di smartphone lebih banyak dari WC Anda.

Dikutip dari Daily Mail (05/02), penelitian ilmuwan telah mengungkap bila pengguna smartphone rata-rata menyentuh smartphone mereka 150 kali per hari. Dan dari sentuhan-sentuhan itu lah, kontak terhadap bakteri berbahaya bisa terjadi. Bahkan, tidak sedikit pengguna smartphone yang memilih mengisi waktu saat buang hajat di di toilet sambil chatting atau mengecek media sosial.

Menurut penelitian lain yang dilakukan di Amerika, tidak kurang dari 7000 jenis bakteri ditemukan di smartphone. Nah, mengingat bakteri bisa tumbuh lebih ‘subur’ di daerah tropis seperti Indonesia, bukan tidak mungkin bila jumlah bakteri di smartphone kita bisa melebihi rekor di Amerika.

Menurut Laura Bowater dari Universitas East Anglia, saat smartphone terasa panas di tangan akibat pemakaian. Itu adalah kondisi terbaik dimana bakteri sedang ‘beranak-pinak’.

Salah satu jenis bakteri yang dapat ditemui di smartphone Anda adalah Staphylococcus aureus.Bakteri tersebut mampu menghasilkan racun yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Parahnya, jumlah bakteri Staphylococcus aureus di smartphone terbukti kerap lebih banyak dibanding yang ditemukan di toilet!

Tak hanya Staphylococcus, Enterococcus (bakteri yang biasa ditemukan di kotoran manusia) dan pseudomonas (ditemukan di hewan dan tanah) yang kerap menyebabkan infeksi pada manusia juga banyak ditemukan di smartphone.

Mengapa bakteri tersebut bisa menempel pada smartphone? Kebiasaan buruk para pengguna smartphone, jarang mencuci tangan sebelum atau sesudah menggunakan smartphone juga mendukung pertumbuhan bakteri jahat di smartphone.

Ada baiknya, Anda membersihkan smartphone Anda dengan cairan anti bakteri seperti yang terkandung pada hand sanitizer berbentuk gel atau tissue antiseptic. Beberapa vendor smartphone, tidak menyarankan Anda membersihkan smartphone dengan alkohol karena akan merusak software.

Kalau Anda takut, bakteri jahat dari smartphone akan membahayakan kesehatan Anda. Cucilah tangan sebelum makan, dan biasakan untuk sama sekali tidak memegang smartphone saat sedang makan!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: