Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Stop Mengecek E-Mail dan Medsos di Pagi Hari!

72
dok: hollisinterractive
dok: hollisinterractive

Jakartakita.com – Banyak orang yang mengecek e-mail dan media sosial sebagai ritual wajib di pagi hari. Bahkan terkadang, mereka mengeceknya sesaat setelah melek mata.

Sayangnya rutinitas ini justru membuat waktu ’emas’ Anda di pagi hari justru terbuang percuma. Menurut Dan Ariely, Profesor Psikologi dan Perilaku Ekonomi di Duke University, Amerika Serikat, seperti dilansir dari Life hacker, kebiasaan mengecek media sosial di pagi hari hingga lupa waktu ini memang kerap dilakukan oleh banyak orang.

“Salah satu kesalahan paling menyedihkan dalam manajemen waktu adalah kecenderungan orang menghabiskan dua jam paling produktif mereka dengan melakukan hal yang tidak memerlukan kapasitas kognitif tinggi, seperti mengecek media sosial,” ujar Ariely.

Lebih lanjut, Ariely mengungkapkan, pada dasarnya pagi hari adalah waktu dimana Anda dapat sangat produktif. Adapun dua jam setelah bangun pagi adalah periode emas produktivitas Anda sehari-hari.

Rutinitas langsung mengecek email dam media sosial, sangat ampuh membuat Anda stres di pagi hari bahkan sepanjang hari tersebut. Alangkah lebih baik untuk memulai hari Anda dengan aktivitas yang menenangkan, seperti minum teh atau mengobrol dengan anggota keluarga soal hal-hal yang enteng.

Jika Anda sulit beraktivitas pada pagi hari, Anda bisa menyeduh kopi terlebih dahulu. Setelah kafein mulai bekerja di dalam tubuh, mulailah bekerja juga. Singkirkanlah media sosial untuk sementara waktu dan selesaikanlah apa yang menjadi pekerjaan Anda. Kalau tidak, Anda akan terus-menerus pulang larut malam.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: