Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Terminal Poris Plawad Bakal Jadi Pusat Integrasi Moda Angkutan Massal

68

images (1)Jakartakita.com – Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, akan menjadikan Terminal Poris Plawad sebagai pusat integrasi moda angkutan massal. Rencana tersebut pun telah disampaikan kepada Gubernur DKI Jakarta serta Kementrian Perhubungan dan menunggu tindak lanjut.

Ia juga mengatakan, rencana untuk menjadikan terminal Poris pusat moda transportasi, merupakan bagian dari pembangunan dan pengembangan jalur kereta api Batu Ceper – Bandara Soekarno – Hatta yang mulai dilakukan pada tahun ini.

“Nantinya, ada tujuh moda transportasi massal yakni kereta Bandara, Commuterline, Kereta Luar Kota, Bus APTB, AKAP, dan Bus Rapid Transit (BRT) dan Busway dalam satu lokasi,” ujar Arief, dalam siaran persnya, Jumat (6/2).

Ditambahkan, Terminal Poris rencananya akan disatukan dengan Stasiun Batu Ceper sehingga warga tidak terlalu jauh. Sedangkan Jalan Raya Benteng Betawi akan dibuatkan putaran.

“Jadi, warga yang ingin ke Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur setelah tiba di Bandara Soekarno – Hatta, bisa langsung naik bus dan kereta dari terminal Poris Plawad sehingga tidak perlu ke Gambir maupun Senen,” kata Arief.

Sementara itu, Pemkot Tangerang telah membentuk tim terkait pengembangan bus Transjakarta koridor XIII rute Tendean hingga Ciledug. Begitu pula dengan rencana pengoperasian 40 armada Bus Transjabodetabek rute Tangerang – Kemayoran dan Tangerang – Blok M.

Bahkan, rute elevated busway Blok M – Ciledug akan disambungkan dengan jalur kereta api Ciledug – Poris. Sehingga, warga Jakarta Selatan akan mempunyai akses via transportasi massal Busway dan kereta api hingga Bandara.

“Saat ini, prosesnya sudah masuk tahap penyerahan dari Kementrian Perhubungan kepada operator,” pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: