Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Kancing Jas Jokowi yang Menghebohkan Netizen

27

Kancing Jas Jokowi/’Jakartakita.com – Presiden Joko Widodo melakukan lawatan ke Brunei Darusalam dan bertemu dengan Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, pada Senin (9/2/2015). Namun, sSaat bertemu dengan Sultan Hassanal Bolkiah, ada yang cukup mengganggu dalam penampilan Jokowi ketika itu. Satu buah kancing dalam jas yang dikenakannya terlihat tak terpasang. Hal itu membuat dasi yang terselip dengan cukup panjang di dalamnya tampak terlihat.

Insiden terlepasnya kancing Jokowi itupun langsung direspons netizen. Menurut sebagian besar netizen, penampilan Jokowi tampak kontras dengan Sultan yang ketika itu. Sultan Brunei justru tampak lebih rapi ketika akan difoto.

Padahal kalau diperhatikan dengan seksama, Sultan Brunei uga terlihat tidak memasang kancing jas bagian bawahnya, tetapi hal itu tertutupi oleh tangannya yang mengepal di depan. Sedang, penampilan Jokowi yang terkesan seadanya dan tidak siap.

Sebenarnya bagaimanakah etiket memakai jas yang benar?

 

dok: artofmanlines
dok: artofmanlines

Seperti yang dilansir dari situs artofmanlines, ada aturan baku dalam pemakaian jas berkancing. Aturan ini mulanya dipopulerkan oleh King Edward VII pada abad ke-19. Pada jas yang memiliki kancing dua, maka kancing paling atas wajib dikancing, sedangkan kancing kedua memang sengaja dilepas. Sedang pada jas berkancing tiga, kancing pertama dan ketiga dilepas.

Jadi apa yang sudah dilakukan Jokowi sudah benar. Jas dengan dua kancing, kancing kedua sengaja dilepas menurut kaidah fashion.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: