Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Meme Banjir, Hiburan di Tengah Derita

30

Meme Banjir Patung PancoranJakartakita.com – Seperti diberitakan, hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak Minggu (8/2/2015) hingga sepanjang Selasa (10/2/2015) menyebabkan sebagian besar wilayah Jakarta terendam banjir, tak terkecuali jalan-jalan protokol dan kawasan Istana Kepresidenan. Sampai hari ini pun Jakarta masih diguyur hujan.

Banjir yang menggenangi berbagai titik di DKI Jakarta dan sekitarnya sempat melumpuhkan denyut nadi ibukota. Namun, rupanya banjir tidak ikut melumpuhkan kreativitas para pengguna media sosial (netizen). Sejumlah meme parodi bernada sindiran seputar banjir  tersebut diunggah di Path, Twitter, Facebook, bahkan saling berbagi dalam grup Whatsapp.

Meme Syahrini

Artis papan atas, Syahrini dan Julia Perez pun menjadi salah satu ‘model’ meme bertajuk  banjir Jakarta. Meme Syahrini yang sudah begitu familiar, yakni posenya tengah berbaring di rerumputan pegunungan Sappada, Italia. Indahnya pemandangan gunung berganti menjadi tumpukan sampah di sebuah sungai, dengan Syahrini asyik berbaring di atasnya.

Meme Banjir Jupe
Adapun Jupe, panggilan akrab Julia Perez, tampak telentang dengan mata tertutup dalam genangan air. Hanya wajah dan dadanya yang terlihat menyembul di atas permukaan air. Meme tersebut bertuliskan ‘Banjir udah sedada orang dewasa’.

Meme Banjir Patung Pancoran

Ketiga, meme menggambarkan banjir di daerah Monumen Patung Dirgantara atau dikenal sebagai patung Pancoran, dengan tulisan ‘Alhamdulillah banjirnya tinggal semata kaki’. Tulisan itu bernada sindiran karena banjir yang sangat tinggi sehingga hanya terlihat patung Pancoran saja.
Meme Banjir Lewat Mana
Keempat, terlihat arah penunjuk jalan yang menunjukkan bahwa arah lurus, kanan, kiri banjir. Jakarta kebanjiran, tidak ada jalan lain yang tidak banjir.
Meme Transjakarta
Kelima, bus Transjakarta merek Zhongtong berwarna oranye berubah menjadi kapal bertuliskan ‘Transjakarta’. Kapal tersebut bersebelahan dengan mobil Xenia hitam sedang menerjang banjir.
Meme Banjir dari Bekasi
Keenam, adalah meme balasan dari warga Bekasi. Kalau sebelumnya Bekasi dicemooh karena masalah kemacetan lewat meme, kini giliran warga Bekasi menyindir balik Jakarta yang kebanjiran saat musim hujan tiba.  Dalam meme itu tampak seorang pengendara mobil bertanya “Halo bos, daerah lo banjir? Jakarta ya?” Lalu ditutup dengan tulisan “Salam warga Bekasi.”

Meme lain yang merupakan ‘serangan balasan’ dari warga Bekasi, berisi perbandingan antara Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta yang dikepung banjir dan Bundaran di Summarecon Bekasi. Dalam gambar itu terdapat tulisan Planet Bekasi dan Bumi Jakarta. “Yakin ga mau bikin paspor pindah ke Planet? Dilengkapi dengan hastag “Pray For Jakarta”

Meme Banjir Pernyataan Jokowi
Presiden Joko Widodo pun menjadi sasaran sindirian. Dua pernyataan Jokowi tentang banjir Jakarta, saat menjadi Walikota Solo dan Gubernur Jakarta yang dimuat media massa, menjadi bahan acuan pernyataan meme selanjutnya.

Memang setelah menjadi presiden, Jokowi sempat melontarkan kalimat “bukan urusan saya”. Maka semua pernyataan digabungkan, ditambah pernyataan fiktif.

Meme Banjir Unreg

Ada juga meme berupa format sms berlangganan yang populer berisi cara meng-‘unreg’ (stop berlangganan) banjir di Jakarta.

Wacana tol laut pun tak luput jadi parodi. Dalam gambar banjir di kawasan Thamrin, dekat Bundaran HI, tampak ada beberapa kopaja, bus Transjakarta, dan pengendara sepeda motor yang menuntun kendarannya. Di belakang pengendara motor, terdapat penunjuk arah ‘jalur khusus tol laut’.

Berikutnya, meme banjir berupa percakapan antara warga dan Gubernur tentang banjir mengundang tawa. Warga: “Pak Gubernur, menurut Anda apa penyebab banjir Jakarta??” | Gubernur: “Aer lah, masa cireng.”

Terakhir, banjir di depan Mal Kepala Gading turut menjadi sindiran tempat wisata. Dalam ganbar, terdapat anak kecil sedang bermain ban pelampung menyusuri banjir. Meme tersebut bertuliskan, “Ke Bali? Ga jaman bro, Gading donk!”. Dan masih banyak meme banjir lainnya yang beredar di media sosial.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: