Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Mawar, Simbol Penting Saat Valentine

36
dok: jigzone
dok: jigzone

Jakartakita.com – Permintaan bunga mawar menjelang Hari Valentine, 14 Februari, mengalami kenaikan berlipat. Tiga hari jelang hari kasih sayang, para pengepul kesulitan memenuhi permintaan. Padahal harga sudah naik berkali lipat. Tetapi permintaan terus berdatangan.

Lalu, mengapa perayaan hari kasih sayang atau Valentine, tidak bisa dipisahkan dari keberadaan bunga mawar atau rose ini?

Ternyata, sejak dahulu, bunga yang pertama kali ditemukan di daratan Asia Tengah sekitar 70 juta tahun yang lalu, ini memang dijadikan pelambang cinta dan bunga penghargaan. Di bangsa Persia kuno, bunga mawar juga digunakan sebagai simbol cinta dan diyakini sebagai lambang semangat yang indah.

Sekitar tahun 500 SM, Confucius, seorang filosof terkenal, juga pernah menulis kata-kata indah dengan penambahan mekarnya mawar di dalam tulisannya. Dalam tulisannya yang melukiskan sebuah taman di kerajaan China kuno, ditumbuhi banyak bunga mawar indah nan merekah.

Dari penggunaan bunga mawar sebagai lambang cinta, menurut Oldroses.org, ada banyak arti dalam setiap warna:

1.Mawar Merah
Mawar merah memang paling populer di antara mawar-mawar lainnya. Mawar merah memiliki makna cinta, kecantikan, keberanian, penghormatan, keromantisan, dan ucapan selamat. Maka, mawar merah ini sangat cocok untuk menyatakan perasaan cinta seseorang.

2.Mawar Putih
Mawar putih banyak digunakan para pria yang ingin menunjukkan ketulusan cintanya kepada sang wanita pujaan hati. Simbol dari jenis mawar putih ini adalah cinta sejati, kemurnian, kesungguhan, kelembutan, kesucian dan kerendahan hati.

3.Mawar Merah Muda/ Pink
Mawar pink melambangkan penghargaan, kebahagiaan, kekaguman, kelembutan, kasih sayang dan ucapan terima kasih sebagai seorang sahabat yang dekat.

4. Mawar Kuning
Mawar kuning disebut juga mawar persahabatan. Warna kuning yang tersimpan di balik keceriaannya menyimbolkan persahabatan yang sejati, kekaguman atas persahabatan, ucapan selamat datang, suatu awal yang baru dari sesuatu, kenangan indah yang tak terlupakan.

5.Mawar Oranye
Mawar ini mungkin jarang dijumpai, dan tak begitu populer. Namun pesan yang tersimpan di dalamnya begitu dalam, seolah seperti si dia ingin mengatakan “Aku ingin kamu jadi bagian di dalam hidupku.”

6. Warna Peach
Makna yang tersimpan di dalamnya merupakan pernyataan cinta sekaligus lamaran. Biasanya mawar jingga ini diserahkan berdampingan dengan cincin yang ingin disematkan di jari sambil bertanya, “Would You marry Me?”

7.Mawar Kombinasi, rangkaian Mawar Putih dan Merah
Jika si dia memberikan rangkaian mawar putih dan merah, ini tanda cinta yang luar biasa. Si dia ingin Anda menjadi pendampingnya, orang yang selalu berada di sisinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: