Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

JICA Jamin Pinjaman Untuk Bangun MRT Tahap 2

55

jakartakitaJakartakita.com – Menteri PPN/Kepala Bappenas, Andrinof A. Chaniago mengungkapkan, Badan Kerja Sama Internasional Jepang (Japan International Cooperation Agency/JICA) menjamin pemberian pinjaman untuk pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) koridor selatan-utara tahap II yang ditargetkan rampung pada 2018.

“Adapun untuk pembiayaan proyek MRT tahap II ini, membutuhkan total anggaran sekitar Rp16 triliun,” kata Andrinof, seusai bertemu dengan Presiden JICA Akihiko Tanaka di Jakarta, Kamis (12/2).

Pembangunan MRT koridor selatan-utara tahap II mencakup rute Bundaran Hotel Indonesia hingga Kampung Bandan dengan panjang 8,1 kilometer.

Sebelumnya, JICA juga berkontribusi dalam pembiayaan MRT koridor selatan-utara tahap I untuk rute Lebak Bulus-Bundaran HI sepanjang 15,2 kilometer. Pembangunan tahap I ini telah berjalan dan ditargetkan selesai pada waktu yang sama dengan tahap II di 2018.

Selain membantu proyek MRT, JICA juga menegaskan komitmennya untuk berpartisipasi dalam pembangunan beberapa model infrastruktur seperti jaringan listrik Sumatera-Jawa, pembangunan beberapa infrastruktur energi, dan juga fasilitas kawasan pendukung industri yakni “Technopark”.

Bappenas telah merencanakan untuk membangun minimal 100 “Technopark” untuk mendukung pengembangan kawasan industri.
 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: