Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ingin Tetap Bugar? Yuk, Jalan Kaki!

40

Jalan KakiJakartakita.com – Salah satu cara untuk menjaga kebugaran tubuh adalah dengan berolahraga. Banyak orang yang rela membuang banyak uang demi menjadi anggota klub kebugaran. Padahal kalau menjaga kebugaran tak perlu olahraga mahal. Rutin berjalan kaki saja sudah lebih dari cukup untuk menjaga kebugaran tubuh.

Lantas, apa saja manfaat dari berjalan kaki?Berikut adalah manfaat berjalan kaki bagi kesehatan seperti yang dilansir dari situs Boldsky:

  • Menurunkan berat badan
    Berjalan tidak akan membuat Anda lemah, tapi manfaat berjalan sehari-hari akan cukup mengurangi sebagian lemak di tubuh Anda.
  • Mengontrol gula darah
    Berjalan kaki dapat mengontrol tingkat gula darah Anda. Terutama ketika Anda berjalan setelah makan. Ini yang paling penting untuk menjaga metabolisme tubuh Anda agar tetap berjalan dengan baik.
  • Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Stroke
    Berjalan selama 30 hingga 45 menit setiap hari bisa meningkatkan sirkulasi darah sehingga membantu mengatur denyut jantung. Hal ini juga baik dalam meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) sehingga Anda terhindar dari penyakit jantung dan jauh dari ancaman stroke.
  • Umur Lebih Panjang
    Sebuah studi yang meneliti 8 ribu pria menemukan bahwa berjalan minimal 3 km setiap hari dapat mengurangi risiko kematian hingga 50 persen. Risiko kematian akibat kanker juga ditemukan lebih rendah. Hal ini karena saat tubuh beraktivitas, aliran darah jadi lebih lancar dan suplai oksigen pada darah juga lebih banyak. Aliran darah yang lancar merupakan kunci untuk dapatkan hidup sehat lebih lama. Jadi biasakanlah berjalan kaki secara rutin, minimal tiga kali seminggu agar panjang umur.
  • Meningkatkan Kemampuan Otak
    Perlu diketahui juga, berjalan kaki juga bisa meningkatkan kemampuan otak. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh National Council of Aging, berjalan kaki 45 menit tiap harinya dapat membuat otak lebih tajam dan meningkatkan kewaspadaan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: