Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ini Dia Gaya ‘Unyu’ Obama Saat ‘Selfie’

44
dok: business insider
dok: business insider

Jakartakita.com – Siapa yang tidak pernah menjepret foto selfie? Dari semua kalangan lintas usia, foto narsis diri itu kini sedang tren dan jadi fenomena baru di jagat media sosial. Ya, foto selfie memang lahir dan besar, seiring dengan perkembangan media sosial.

Selfie adalah sebuah fenomena, di mana seseorang memotret diri sendiri, dengan menampilkan wajah maupun seluruh tubuh. Foto selfie biasanya dilakukan dengan menggunakan smartphone atau tablet, yang kemudian di posting ke media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan jejaring sosial lainnya. Tentu saja, dari sekian banyak foto selfie, hanya foto-foto terkeren saja yang diposting. Begitu populernya selfie, hingga Oxford menobatkan kata ini sebagai Word of The Year pada tahun 2013.

Foto selfie memuat adegan sang fotografer yang sedang memegang kamera dengan satu tangan. Foto selfie tidak hanya didominasi oleh kaum hawa, namun juga kaum adam. Gayanya pun beranekaragam. Namun, gaya mirip bebek (duck face) dan mirip burung pipit (sparrow face) menjadi gaya andalan para pencinta selfie.

Pada gaya duck face, pengguna cukup memanyunkan bibir secara sensual dengan mata yang disipit-sipitkan. Apakah gaya tersebut bisa dikategorikan sebagai pose alay? Tergantung bagaimana Anda menyikapinya. Jika di Indonesia, mungkin bisa dibilang demikian. Namun nyatanya di luar sana ekspresi tersebut cukup tren.

Sedang pada gaya sparrow face, pengguna menekuk wajah sedemikian rupa, dengan membelalakkan mata serta bibir yang seolah-olah akan sedang meniupkan sesuatu. Persis dengan bentuk mulut burung pipit. Pose ini mulanya tren di Jepang.

Fenomena foto selfie dianggap sebagai simbol narsisme di era keemasan media sosial. Bahkan para pesohor dunia, seperti Barack Obama yang tak canggung ber-selfie dalam berbagai pose “centil” menggunakan tongsis (tongkat narsis).

Tongkat untuk selfie dengan jarak 1-2 meter ini tampak membuat Obama kegirangan. Ia menunjukkan berbagai mimik wajah yang sebelumnya tak pernah ditampilkan di media massa, mulai dari memainkan alis hingga membengkokkan mulut layaknya remaja masa kini.

Semua tingkah ‘unyu’ Obama ini dapat dilihat dalam video berdurasi dua menit yang bertajuk “Things Everybody Does But Doesn’t Talk About”, atau “Hal-hal yang Orang Lakukan tetapi Tak Dibahas”. Video yang disebarkan oleh Facebook Buzzfeed, video ini dibuat dalam rangka mengampanyekan Obamacare, program sosial yang Obama buat selama menjabat sebagai Presiden AS.

Seperti diketahui, tongsis adalah alat bantu untuk selfie jarak jauh yang mulai populer tahun lalu, menyusul tren selfie yang mengglobal. Istilah tongsis sendiri pertama kali diciptakan oleh orang Indonesia bernama Anindito Respati.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: