Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Masalah Banjir Tidak Bisa Diselesaikan Segera

65
Meme Banjir Lewat Mana
foto : twitter

Jakartakita.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, menuntaskan permasalahan banjir di Ibu Kota Jakarta tak bisa diselesaikan dalam waktu segera. Meski demikian, masalah ini bisa ditekan dengan mengurangi genangan air, sehingga bisa meminimalkan dampak negatifnya.

“Tidak mungkin dalam waktu dekat Jakarta seratus persen betul-betul bebas banjir,” katanya di Balai Kota Jakarta, Jumat (13/2) lalu.

Untuk mengatasi banjir, Djarot menghidupkan kembali wacana pembangunan terowongan bawah tanah atau deep tunnel.  “Deep tunnel memiliki banyak manfaat. Selain berfungsi sebagai saluran air yang akan mengurangi banjir, deep tunnel juga dapat digunakan sebagai jalan raya dan saluran pembuangan limbah,” jelasnya.

Sebagai informasi, ahli tata air dari Universitas Indonesia, Firdaus Ali, sebelumnya telah mengajukan gagasan deep tunnel pada 2007 untuk mengatasi banjir. Terowongan ini mirip dengan storm water management and road tunnel di Malaysia.

Selain Firdaus, PT Antaredja Mulia Jaya juga menawarkan Jakarta Integrated Tunnel. Perusahaan tersebut sudah mengajukan hasil studi kelayakannya kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Namun keduanya belum mendapat sinyal lampu hijau untuk memulai pengerjaan.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: