Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Pemprov DKI Siapkan 150 Armada Kopaja Baru di Rute Blok M-Manggarai

43
dok: bacatransportasi
dok: bacatransportasi

Jakartakita.com – Mulai Maret 2015, Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan menyediakan 150 unit bus sedang yang akan dioperasikan di trayek Blok M – Manggarai. Bus-bus baru ini akan menggantikan bus-bus kopaja yang sudah bobrok. Adapun rute tersebut dipilih, karena tingkat permintaan penumpangnya sangat tinggi.

Pengoperasian bus ini merupakan uji coba sistem subsidi dan pembayaran rupiah perkilometer untuk bus kota. Objek uji coba ini adalah bus Kopaja 66 jurusan Blok M-Manggarai.

Uji coba sistem subsidi dan pembayaran rupiah perkilometer ini,  merupakan langkah awal untuk mengintegrasikan seluruh moda transportasi umum dalam kota di Jakarta di bawah naungan PT Transportasi Jakarta. Dengan sistem ini, pengusaha angkutan tak perlu lagi mematok target setoran. Para awak bus juga akan mendapat gaji tetap. Dengan begitu, supir tidak perlu ‘ngebut’ dan ‘ugal-ugalan’ di jalan raya demi berebut penumpang.  Pemerintah DKI Jakarta juga berjanji akan memberikan subsidi, sehingga tarif angkutan ini akan tetap meskipun harga bahan bakar minyak berubah.

Tak hanya kopaja, nantinya Metro Mini dan Mikrolet juga akan ditawari konsep yang sama. Sistem subsidi bus kota ini akan menekan tingkat kemacetan sekaligus menghilangkan perilaku nakal pegawai Dinas Perhubungan yang kerap minta jatah kepada sopir.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: