Take a fresh look at your lifestyle.

Kawasan Industri di Koridor Timur Lebih Mendominasi Pasar

0 1,064
kawasan industri koridor timur jakarta
foto : istimewa

Jakartakita.com – Konsultan properti Cushman & Wakefield mengungkapkan, kawasan industri di koridor timur Jakarta, Bekasi, dan Karawang, mendominasi pasar sepanjang 2014. Hal ini dimungkinkan karena infrastrukturnya paling siap, ketimbang di koridor barat seperti Serang dan Cilegon di provinsi Banten.

Terlebih, rencana pengembangan infrastruktur jalan tol Cikampek-Palimanan yang rencananya akan mulai beroperasi pada musim Lebaran tahun 2015, diyakini bisa mengerek permintaan lebih tinggi lagi.

Related Posts
1 daripada 6,412

Menurut Head of Research and Advisory Cushman & Wakefield, Arief Rahardjo, kondisi tersebut menyebabkan pasokan baru lahan industri siap-bangun dari kawasan industri baru di Karawang yang masuk ke pasar pada kuartal pertama 2015, akan bertambah menjadi 10.700 hektar.

Meski permintaan melonjak, lanjut dia, namun rata-rata ukuran permintaan justru lebih kecil dari tahun lalu, yakni hanya sekitar 3,2 hektar per transaksi. Sementara permintaan pada kuartal terakhir 2014 hampir seluas 75 hektar. Serapan tersebut, meroket 38 persen dibandingkan di kuartal III.

“Secara umum, permintaan sepanjang 2014 lebih baik dari permintaan pada 2013 atau tumbuh sebesar 28 persen. Tingkat permintaan pada tahun 2014 tercatat sebagai pertumbuhan positif pertama sejak tiga tahun lalu,” terangnya di Jakarta, belum lama ini.

Tinggalkan komen