Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Westbike Messenger, Kurir Sepeda Ala ‘Premium Rush’

111

Westbike Messenger TeamJakartakita.com – Bagi Anda penggemar sepede fixie, mountain bike dan trial pasti tahu film action berjudul ‘Premium Rush’ yang dirilis tahun 2012. Film tentang aksi menegangkan Wilee yang diperankan oleh Joseph Gordon Levitt memacu sepeda fixie frame baja tanpa remnya sekencang mungkin untuk mengantarkan paket ke pelanggan.

Tak jarang Wilee dan rekan-rekannya sesama kurir bersepeda harus kebut-kebutan di tengah hiruk-pikuk lalu lintas Manhattan yang dikenal sangat padat. Tak jarang di film ini menampilkan beberapa kali adegan kecelakan bersepeda yang dialami oleh Wilee dan kekasihnya, Vanessa (Dania Ramirez).

Tahukah Anda, ternyata kurir bersepeda fixie pun ada di ibukota Jakarta. Adalah Hendi Rachmat, yang mengenalkan jasa kurir sepeda untuk pertama kalinya di Jakarta. Sebelum memulai jasa kurir bersepeda yang dinamai Westbike Messenger (WMS), Hendi mempunyai toko sepeda bernama Westbike. Kecintaannya pada sepeda fixie membuatnya mantap berbisnis kurir bersepeda fixie.

Mulanya Hendi hanya memiliki dua biker sebagai kurir, kini jasa kurir yang memiliki base camp di Pasar Santa Lantai 1, No. 167-169, Jakarta Selatan, sudah memiliki 17 orang kurir yang siap ‘ngebut’ di jalanan ibukota demi mengantarkan paket dan dokumen. Para kurir yang direkrut Hendi harus memiliki kecintaan bersepeda, berusia di atas 17 tahun, harus bisa bekerja sama dalam tim, bertanggung jawab, dan jujur.

Untuk memudahkan para kurir dalam bermanuver di jalanan ibukota, WMS memang mensyaratkan berat maksimum paket yang diantara adalah 8-9 kilogram, dengan maksimal dimensi 40 cm x 25cm x 20 cm.  Harganya pun bervariasi.

Harganya relatif bersaing dibandingkan kurir lainnya, untuk layanan VIP di mana barang akan diterima pada hari yang sama, WMS membanderol dengan tarif Rp 50 ribu per paket. Sedang untuk layanan  VVIP, dimana barang akan sampai tidak lebih dari dua jam sejak barang diterima, dikenakan tarif Rp 100 ribu per paket. Area yang cover hanya meliputi Jakarta Timur, Pusat, Selatan, dan Barat. Sedang untuk tarif corporate berlangganan, semakin banyak paket atau dokumen yang diantarkan per hari, tarifnya bisa sampai Rp 35 ribu per paket. Layanan WMS setiap hari, dari hari Senin sampai Jumat, dari pukul 8 sampai 7 malam.

Sejak berdiri Oktober 2013, Hendi sudah memiliki puluhan pelanggan jasa kurirnya. Pelanggannya dari perusahaan kecil, hingga kedutaan besar negara asing. Semua pelanggannya mengaku puas dengan layanan WMS.

Pemberlakuan jalan bebas motor di jalur Sudirman-Thamrin justru menjadi daya saing WMS dibanding kurir lainnya yang mengandalkan motor. Sepeda masih boleh melintas.

Kurir barang dengan sepeda memang bukan hal baru. Dahulu, sebelum ada transportasi lain, sepeda sudah dijadikan transportasi para tukang pos. Di zaman modern kini, sepeda dianggap transportasi alternatif untuk menghindari macet yang bebas polusi.

Ohya, bagi Anda yang ingin menggunakan jasa kurir sepeda ala ‘Premium Rush’ ini bisa langsung datang ke basecamp. Atau kontak langsung di nomer telepon (021)33310808, whatsapp 081288458181 dan alamat email westbikemessengerservice@gmail.com.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: