Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Imlek, Identik dengan Warna Merah dan Angpao

45

Bunga Sakura dan LampionJakartakita.com – Hari ini, Kamis (19/2/2015) bertepatan dengan Tahun Baru China atau Imlek. Seluruh warga keturunan Tionghoa di seluruh dunia sedang bersuka cita menyambut tahun baru 2556.  Menjelang Imlek, tak lupa mereka yang merayakan, menyiapkan segala pernik-pernik Imlek.

Nuansa warna merah pun  mendominasi dekorasi kelenteng, pusat perbelanjaan, hotel, maupun tempat umum lainnya. Namun, tahukah kamu makna yang terkandung pada warna merah di ornamen Imlek?

Warna merah bagi orang China melambangkan kemakmuran dan mendatangkan hoki (keberuntungan) sekaligus ekspresi kegembiraan. Selain merah, warna lain yang turut memiliki nilai penting bagi masyarakat China adalah kuning.

Selain pernak-pernik dan pakaian, tradisi khas Imlek yang sarat warna merah adalah angpao. Tradisi ini berupa pemberian sejumlah uang yang diisi pada amplop berwarna merah dan diberikan kepada sanak saudara.

Biasanya, yang memberikan angpao atau hongpao ini adalah orangtua ke orang yang lebih muda. Terutama mereka yang telah menikah. Namun, orang yang telah menikah hanya boleh memberi angpao bukan menerimanya. Mereka harus berbagi rezeki bukan malah menerimanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: