Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Sea World Ancol Bakal Kembali Dibuka

49
dok: istimewa
dok: istimewa

Jakartakita.com – Setelah konflik antara Manajemen PT Sea World Indonesia dan PT Pembangunan Jaya Ancol yang berujung pada penutupan wahana rekreasi Sea World. Manajemen PT Sea World Indonesia akhirnya menyerahkan seluruh aset kepada PT Pembangunan Jaya Ancol. Kesepakatan itu tertuang dalam akta pengalihan dan penyerahan tanah, bangunan fasilitas penunjang beserta hak pengelolaan tertanggal 13 Februari lalu.

Saat ini PT Pembangunan Jaya Ancol berfokus mengaudit aset yang telah diserahkan Sea World. Audit dilakukan oleh tim transisi yang berisi perwakilan Ancol, Sea World, dan kurator biota. Kalau ternyata aset sesuai dengan laporan yang diserahkan, maka tahun depan bisa dipastikan Sea World akan kembali berekreasi.

Bagi kedua perusahaan, kesepahaman ini ibarat muara pertikaian selama ini. Mereka sebelumnya bersikeras dengan keinginan masing-masing. Sea World tak mau menyerahkan asetnya lantaran tak mendapat jaminan perpanjangan kontrak pengelolaan. Sedangkan Ancol, ingin seluruh aset diserahkan terlebih dahulu sebelum pembahasan kontrak dimulai.

Kisruh ini muncul ke permukaan pada September 2014, setelah Ancol menutup Sea World. Tindakan manajemen Ancol itu bahkan didukung oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Kedua pihak pun sempat menempuh jalur hukum untuk penyelesaian sengketa tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: