Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ini Dia Penyebab Jerawat

36

JerawatJakartakita.com – Hampir semua orang pernah mengalami gangguan kulit wajah berupa jerawat. Jerawat adalah suatu keadaan dimana terjadi penyumbatan di pori-pori kulit sehingga menyebabkan peradangan.

Meskipun jerawat bukanlah penyakit berbahaya. Namun jerawat menjadi momok menakutkan khususnya bagi kaum wanita. Karena jerawat bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang. Makanya tak mengherankan bila banyak orang yang frustasi karena jerawat tidak mau pergi, walaupun sudah melakukan berbagai cara untuk menghilangkannya.

Sebelum Anda berupaya menghilangkan jerawat, Anda harus paham betul apa penyebab jerawat. Berikut adalah 6 penyebab jerawat yang perlu diwaspadai.

Keturunan

Jerawat dapat ditimbulkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu faktor keturunan. Jika orang tua Anda berjerawat maka bukan tidak mungkin Anda juga punya masalah jerawat yang sama.

Jenis kulit berminyak

Jerawat tidak hanya disesabkan oleh kotoran tetapi juga disebabkan oleh faktor dari dalam tubuh. Produksi minyak yang berlebih dapat menyebabkan penyumbatan saluran folikel dan pori-pori kulit sehingga menimbulkan jerawat. Tetapi bukan tidak mungkin kulit yang kering akan ditumbuhi jerawat.

Sel-sel kulit mati

Ketika produksi minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel-sel kulit mati dan berbagai kotoran yang menmpel dikulit muka, maka akan menjadi suatu campuran yang tebal sehingga akan menyebabkan penyumbatan yang memicu terbentuknya jerawat.

Hormon

Ketidak seimbangan hormon dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Ketidak seimbangan ini biasanya terjadi pada wanita ketika menjelang menstruasi atau haid. Ketika menjelang menstruasi maka hormon progesteron akan memicu kulit untuk memproduksi minyak berlebih.

Stress juga dapat memicu ketidakseimbangan hormon yang berakibat pada timbulnya jerawat.

Kebersihan

Jerawat sering ditimbulkan oleh bakteri yang berkembang biak pada wajah yang kotor akibat kelenjar minyak yang tersumbat. Makanya disarankan untuk rajin membersihkan muka setelah bepergian atau sebelum tidur.

Kosmetik

Bagi para temen-temen yang suka dengan bertata rias khususnya kaum wanita hendaknya berhati-hati dalam memilih make up, kita harus tahu apa komposisi atau kandungan dalam make up tersebut, karena banyak hal negatif yang akan ditimbulkan akibat memakai make up sembarangan.

Makanan dan minuman

Sejumlah makanan dan minuman ternyata menjadi penyebab jerawat jika dikonsumsi berlebihan, seperti; gorengan, kafein, karbohidrat tinggi, makanan manis dan asam omega 6 yang terdapat pada daging-dagingan.

Ada juga orang yang alergi terhadap obat-obatan tertentu hingga timbul jerawat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: