Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Rekor Baru! Kecepatan Teknologi 5G 65 Ribu Kali Lebih Cepat Ketimbang Kecepatan 4G Saat Ini

196
5G Network
foto : istimewa

Jakartakita.com – Sementara para provider telekomunikasi di Indonesia baru-baru ini saja meluncurkan layanan 4G LTE, dibelahan dunia lain, tepatnya di Inggris, di negerinya Ratu Elizabeth dan Pangeran Charles, para peneliti dari University of Surrey’s 5G Innovation Centre (5GIC) telah mencatatkan rekor baru kecepatan teknologi 5G dalam penelitiannya.

Hasilnya, kecepatan 5G bisa mencapai 1 terabit per second (Tbps), atau ribuan kali lebih cepat dibanding kecepatan data rata-rata yang ada saat ini.

Pihak 5GIC menjelaskan, pada kecepatan 1 Tbps, secara teori bisa mengunduh 100 kali ukuran sebuah film hanya dalam tiga detik. Kecepatan unduhan ini 65.000 kali lebih cepat ketimbang kecepatan 4G saat ini.

Dengan kecepatan 1 Tbps, juga melampaui hasil tes kecepatan 5G Samsung sebelumnya. Sebelumnya, tes kecepatan 5G Samsung hanya 7,5 Gbps, atau hanya 1% dari kecepatan 5G tim 5GIC.

“Kami telah mengembangkan lebih dari 10 terobosan teknologi dan salah satunya adalah kecepatan koneksi data di atas 1 Tbps secara wireless. Kapasitas ini setara dengan kecepatan fiober optik yang kami kembangkan,” kata Prof Rahim Tafazolli, Direktur 5GIC, seperti dilaporkan BBC, Kamis (26/2).

Kepala 5GIC berharap, untuk dapat segera mendemontrasikan teknologi 5G hasil pengembangan mereka ke publik pada 2018 mendatang. Sebelumnya, Ofcom, badan pengawas penyiaran di Inggris, menargetkan teknologi 5G akan beroprasi di Inggris pada 2020 mendatang.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: