Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ini Khasiat Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan

20

showerJakartakita.com – Bagi Anda yang harus ‘ngantor’ atau berangkat ke sekolah di pagi hari, mau tidak mau pasti harus mandi pagi. Banyak orang yang lebih memilih mandi dengan air hangat ketimbang air dingin, apalagi saat musim penghujan tiba. Karena mereka pikir air hangat bisa menghangatkan tubuh dan mencegahnya masuk angin. Tetapi benarkah di pagi hari, mandi air hangat lebih baik daripada mandi air dingin?

Seperti dilansir Boldsky, ternyata mandi dengan air dingin di pagi hari lebih berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan, antara lain;

1. Tingkatkan konsentrasi

Saat air dingin jatuh dan mengguyur tubuh Anda mulai dari ubun-ubun kepala, jantung akan berdenyut lebih cepat dan melepaskan aliran darah ke seluruh tubuh. Pernapasan akan lebih lancar sehingga akan meningkatkan energi.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Mandi air dingin dipagi hari akan merangsang tubuh anda untuk memproduksi sel darah putih lebih banyak. Sel darah putih inilah yang berperan menangkal serangan berbagai virus, kuman dan bakteri yang bisa membahayakan kesehatan tubuh anda.

3. Melancarkan sirkulasi darah

Mandi dengan air dingin mampu membersihkan penyumbatan pembuluh darah sehingga melancarkan sirkulasi darah menuju arteri. Dengan lancarnya aliran darah keseluruh tubuh maka seluruh organ tubuh pun juga tetap terjaga dan terpelihara kesehatannya. Disamping itu, manfaat lainnya yaitu mempercepat proses penyembuhan, serta mengurangi berbagai jenis peradangan pada tubuh.

4. Tampak lebih muda

Air dingin akan melepaskan racun dari kulit sehingga akan membuat kulit terlihat lebih muda. Sebaliknya, air hangat akan membuat kulit Anda kering.

5. Metabolisme

Mandi air dingin dapat membantu tubuh untuk kembali mengatur suhu tubuh secara berkala guna menghasilkan energi. Hal ini tentu saja bisa meningkatkan laju metabolisme.

6. Mengurangi stress

Mandi air dingin akan mengirimkan sejumlah impuls listrik dari saraf perifer ke otak yang menghasilkan efek anti-depresi

7. Mencegah kerontokan rambut

Mandi air dingin di pagi hari akan semakin memperkuat akar rambut yang membuat rambut tidak mudah rontok maupun kusam.

8. Meningkatkan kesuburan kaum pria

Mandi air dingin dipagi hari akan merangsang sekaligus memicu produksi salah satu hormon pada pria yaitu testoteron.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: