Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ada Game “Dana Siluman” di Play Store

24

Game Dana SilumanJakartakita.com – Istilah ‘dana siluman’ tiba-tiba menjadi populer seiring dengan kisruh antara   Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) versus DPRD DKI Jakarta mengenai adanya dugaan penyelipan anggaran “siluman” senilai Rp 12,1 triliun oleh DPRD DKI di APBD 2015. Sedemikian populernya istilah tersebut hingga membuat game developer dari Vorir Studio merilis game berjudul ‘Dana Siluman’ di Play Store. 

Game berukuran 23 MB itu bergambar kartun mirip Ahok lengkap dengan kacamatanya sambil memegang kertas bertuliskan “Dana Siluman”. Game yang dirilis sejak 27 Februari 2015 itu sudah diunduh lebih dari 50 kali.

Dalam deskripsinya, sang pencipta menjelaskan, game “Dana Siluman” ini merupakan game edukasi yang memerlukan ketelitian dan kecermatan dalam mengambil keputusan. Game ini dibuat tanpa ada maksud dan tujuan untuk menyinggung atau menjatuhkan pihak manapun tentang isu yang berkembang saat ini.

Cara bermain game tersebut adalah dengan memilih nama barang yang sesuai dengan harganya. Misalnya, kulkas Rp 1 juta (benar), kulkas Rp 1 miliar (salah). Poin akan terus bertambah jika jawaban yang dimasukkan benar dan masuk akal. Sementara jika jawaban yang dimasukkan salah dan tidak masuk akal, maka akan kalah dan keluar gambar tikus yang sering diibaratkan koruptor.

Walaupun game ini tergolong sangat sederhana, namun banyak mendapatkan respon positif. Rata-rata komentar positif juga berisi dukungan kepada Ahok. Seperti komentar Lorisca Cessia yang menuliskan, “Just great. A great person, simulated in a great game. Hahaha maju Pak! Sikat Habis”.

Sedang Rodi Zeng berkomentar, Ahok Ahok kamu memang si Ahok Harapan Orang Kecil”.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: