Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Buku Resep Legendaris Karya J.M.J. Catenius van der Meijden, Dicetak Ulang

59
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Dahulu sebelum Indonesia merdeka, J.M.J. Catenius van der Meijden adalah salah seorang nyonya Belanda yang tinggal di Indonesia. Sebagai seorang nyonya meneer Belanda, Catenius dengan dibantu pembantu bertugas menyiapkan hidangan istimewa untuk seluruh keluarga.

Hasil keisengan Catenius mencatat resep masakan yang didapat dari mewawancarai para pembantu yang bekerja di keluarga Belanda zaman dahulu. Catenius pun membukukan kumpulan resep semua jenis masakan Indonesia termasuk beberapa makanan Belanda. Mulai dari sup, sayuran hingga puding dan beragam camilan.

Buku kumpulan resep masakan J.M.J. Catenius van der Meijden berjudul ‘Groot nieuw volledig Oost-Indisch Kookboek’ ini diterbitkan oleh G.T.C Van Dorp & CV N.V di Semarang, Bandung dan di Surabaya pada tahun 1942. Sampul buku ini bergambar nyonya Belanda sedang memasak dengan gambar bayangan pembantu rumah tangga di sisinya.

Mengapa ada gambar pembantu? Karena di zaman colonial, para pembantu rumah tangga berperan penting dalam menyajikan menu keluarga. Merekalah yang tahu setiap detil bahan dan cara memasak setiap hidangan. Makanya tak heran kalau para pembantu ini selalu dibawa saat tuan dan nyonya berpindah kota bahkan negara.

Layaknya buku resep masakan modern, buku ini juga diawali dengan informasi tentang dapur dan koki, dan disusun menurut kategori masakan. Ada rijst rcepten (resep nasi), ketan, sambel, sambal goreng, vleesgerechten (daging), juga pengolahan sayuran khas Belanda. Resep bubur, kue-kue, puding, manisan hingga salad juga ada di dalam buku ini. Di bagian belakang ada daftar istilah bahasa Melayu untuk bahan dan masakan.

Seperti dituliskan pada sampulnya buku ini ditujukan untuk mereka yang akan membuat sajian risjtafel dan jamuan makan gaya Belanda. Buku ini menjadi catatan kuliner Indonesia yang penting.

Begitu populernya buku masakan ini di Belanda, hingga dicetak ulang berkali-kali. Jika ingin memesan buku ini dalam bahasa Belanda dengan cetakan terbaru Desember 2014, Anda bisa memesan di : www.bol.com/nl dengan harga 49.85 uero (Rp. 715.500) belum termasuk ongkos kirim ke Indonesia. Anda berminat?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: