Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Inilah Alasan Mengapa Anda Tidak Boleh Minum Air Es Terlalu Banyak

52

Air EsJakartakita.com – Siapa yang tak suka minum air es? Apalagi saat panas terik, minum air es selain memuaskan dahaga juga bisa menyegarkan tubuh seketika. Bahkan tak sedikit orang yang hampir selalu minum air es, tak peduli cuaca dingin atau panas.

Ternyata terlalu sering minum air es tidak baik bagi kesehatan. Ini alasannya:

1. Mengganggu pencernaan 

Kondisi dingin akan membekukan makanan berminyak yang baru dimakan. Ini akan memperlambat proses pencernaan. Bila lemak-lemak terbentuk dalam usus, ia akan mempersempit saluran pencernaan dan lama kelamaan akan menyebabkan lemak berkumpul sehingga tubuh menjadi semakin gemuk dan dapat memicu beragam penyakit termasuk akibat kolesterol tinggi.
2. Mengganggu penyerapan nutrisi
 Temperatur tubuh normal adalah 37 derajat celsius dan ketika Anda minum air yang terlalu dingin, tubuh harus menggunakan lebih banyak energi untuk mengatur suhu kembali. Padahal energi tersebut diperlukan tubuh untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi. Dengan energi yang sudah terpakai, tubuh tak akan menyerap nutrisi secara maksimal.
3. Kepala pusing
Hal ini diakibatkan oleh karena saraf pusat tidak siap menerima respon perubahan panas ke dingin tubuh dalam waktu yang singkat. Pada kasus yang lebih parah, minum air es bisa menyebabkan pembekuan darah pada otak.
4. Radang tenggorokan
Minum air dingin akan menyebabkan munculnya lendir pada lapisan kerongkongan. Saluran tenggorokan pun menjadi lebih rentan terkena infeksi dan radang.5. Memicu serangan jantung 
Penelitian mengungkap bahwa minum air es bisa merangsang saraf vagus. Saraf vagus adalah saraf yang penting dan mengontrol aktivitas tak sadar tubuh seperti detak jantung. Air es akan mempengaruhi kinerja saraf ini dan menyebabkan detak jantung menjadi lebih pelan.

Bagi mereka yang memiliki penyakit jantung koroner berapapun persentase penyumbatannya, akan memudahkan terjadinya serangan jantung apabila terbiasa minum air dingin. Hal demikian karena saluran koronernya bisa mengeras dan atau mengkerut sehingga lubang salurannya bisa mengecil yang pada gilirannya dapat menghambat laju dari ke jantung.

Itulah beberapa masalah yang bisa terjadi pada tubuh ketika minum air es. Sebaiknya jangan terlalu sering minum air es. Jika sudah terbiasa minum air es, kurangi kebiasaan tersebut mulai saat ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: