Take a fresh look at your lifestyle.

Mulai April, Dirjen Pajak Bakal Lakukan Ekstra Effort

0 951
pajak
foto : istimewa

Jakartakita.com – Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, memastikan Direktorat Jenderal Pajak mulai melakukan upaya-upaya ekstra untuk mendorong penerimaan pajak seusai batas akhir penyerahan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi pada awal April.

Hal itu diupayakan karena realisasi penerimaan pajak pada Januari dan Februari masih di bawah realisasi bulan yang sama tahun lalu, dan upaya ekstra harus dilakukan untuk mengejar ketertinggalan.

“Dua bulan pertama kita masih business as usual, pajak masuk kita collect dan restitusi kita bayarkan, tidak ada ekstra effort. Kita mau melakukan ekstra effort, rencananya setelah Maret, setelah SPT Wajib Pajak Orang Pribadi disampaikan,” katanya di Jakarta, Jumat (6/3).

Related Posts
1 daripada 6,444

Seperti diketahui, target penerimaan pajak tahun ini sangat tinggi yakni sebesar Rp 1.294 triliun. Namun pemerintah menegaskan tidak akan ada kenaikan tarif pajak, yang dikejar adalah potensi pajak yang sering lepas terutama dari wajib pajak nakal.

“Saya ingin tekankan, target pajak memang tinggi, tapi para pengusaha jangan takut berlebihan, tidak akan ada kenaikan tarif pajak,” ujar Bambang.

Bambang menambahkan, salah satu profesi yang bisa menjadi potensi pajak tambahan adalah artis atau dosen pengajar yang selama ini mendapatkan penghasilan tambahan serta merasa honornya telah dipotong pajak, namun belum dilaporkan dalam SPT.

“Yang income-nya lebih dari satu pasti kurang bayar, kecuali profesinya sudah tetap dan tidak ada tambahan lainnya, itu masuknya pajak karyawan. Ini akan menjadi fokus perhatian, karena pasti banyak sekali tidak hanya orang pribadi namun juga perusahaan,” pungkas Bambang.

 

Tinggalkan komen