Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Kini TPST Bantar Gebang Gunakan Timbangan ‘Online’

19

TPST Bantar GebangJakartakita.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai menerapkan sistem penimbangan volume sampah secara online di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Kota Bekasi pada 2015.

Sistem penimbangan sampah online tersebut menggunakan dua unit jembatan timbang sebagai timbangan masuk dan keluar yang dihubungkan dengan jaringan komputer.

Jembatan masuk akan mencatat berat truk sebelum bongkar, sedangkan jembatan keluar akan mencatat berat truk setelah bongkar. Saat di timbangan keluar, setiap pengendara truk akan mendapatkan print out struk secara real time yang berisi berat sebelum dan sesudah bongkar.

Dengan adanya penerapan timbangan sampah secara online di TPST Bantargebang membuat penghitungan volume sampah menjadi lebih tertib dan sistematis. Dan tentu saja secara tidak langsung akan menghemat APBD untuk jasa penimbangan di TPST Bantargebang, terutama untuk biaya konsultan jasa ahli penimbangan.

Aplikasi yang dikembangkan terdiri dari aplikasi pencatatan dan pelaporan penimbangan sampah dan aplikasi monitoring pelaporan penimbangan yang dilengkapi monitor CCTV dengan “platform web based”.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: