Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Kenali Fakta Seputar Tanggal Kadaluarsa

139

expired Jakartakita.com – Tanggal kadaluarsa sering menjadi patokan untuk mengetahui kesegaran makanan, minuman, obat dan kosmetika. Makanya tak jarang, Anda membuang makanan atau minuman yang tak memiliki tanggal kadaluarsa. Padahal begitu banyak tanda yang mengatur tanggal kedaluwarsa makanan, seperti “Used by” dan “Best by”, yang menandakan masa puncak kesegaran makanan. Beda halnya ” Sell by”, yakni tanggal penjualan atau pembuatan makanan untuk produsen serta pengecer, dan bukan konsumen.

Tanggal-tanggal tersebut tidak menunjukkan masa kadaluarsa dan pembusukan sehingga tidak ada sinyal suatu produk tidak aman dikonsumsi. Beda halnya yang ditunjukkan pada “Expired date”, yang berarti tanggal kadaluarsa produk.

Lucunya, produk yang hampir mendekati tanggal kadaluarsa justru digemari masyarakat. Karena biasanya produk-produk tersebut dijual murah dengan promo diskon oleh para penjualnya demi menghabiskan stock segera.

Setiap produk  punya patokan tanggal kadaluarsa masing-masing, seperti:

  • Telur. Jika Anda menyimpan telur di dalam kulkas, kesegarannya bisa bertahan 3-5 pekan setelah dibeli.
  • Makanan kalengan. Kesegaran makanan kaleng bisa bertahan hingga setahun seperti yang tertera sebagai tanggal kedaluwarsa di kemasan. Beberapa pendapat mengatakan bahwa makanan kaleng akan baik-baik saja bahkan setelah tanggal kedaluwarsa. Alasannya, makanan kaleng dikemas secara vakum alias hampa udara sehingga daya tahannya bisa lebih lama dari yang tertera sebagai tanggal kedaluwarsa.
  • Apel. Kesegaran dan kerenyahan buah apel bisa bertahan selama tiga pekan jika disimpan di dalam kulkas. Jika apel telah masak lalu dibekukan, daya tahannya bisa hingga delapan bulan.
  • Sereal. Seral yang siap olah menjadi sarapan bisa bertahan di dapur tanpa rusak hingga masa setahun. Meskipun Anda tidak menyadari menyantapnya setelah masa kedaluwarsanya berakhir, makanan ini tidak akan menyebabkan sakit.
  • Daging/ayam. Disarankan untuk mengonsumsi daging 3-5 hari setelah dibeli untuk mendapatkan kualitas terbaik meski disimpan dalam chiller. Jika Anda membekukannya, kesegarannya bisa bertahan sampai dua bulan atau lebih dengan nutrisi yang masih penuh.
  • Kosmetik. Sama dengan makanan dan minuman, kosmetik juga memiliki tanggal kadaluarsa. Jika Anda memakai produk make up yang kadaluarsa, Anda dapat terkena efek samping yang buruk bagi kulit Anda seperti iritasi, dan timbul jerawat. Selain tanggal kadaluarsa, kosmetik juga punya masa pakai yang berbeda setiap jenisnya, seperti: lipstik yang bisa bertahan selama 2 tahun sejak dibuka, maskara 4 bulan, liquid foundation berbahan air 1 tahun, blush on 2 tahun, eyeliner cair 4 bulan, dan lain-lain.

Bagaimana dengan produk popok sekali pakai? Ada sebagian orang tua yang ragu untuk menggunakan popok sekali pakai yang telah lama dibeli, lantaran takut kadaluarsa. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya popok tidak miliki tanggal kadaluarsa, asalkan penyimpanan popok benar. Popok seharusnya disimpan di tempat yang kering dan sejuk untuk menghindari jamur. Sebaiknya popok disimpan di tempat tertutup, seperti di lemari.

Selain memperhatikan tanggal kadaluarsa dan masa pakai. Ada baiknya Anda juga selalu memperhatikan kondisi produk tersebut sebelum dikonsumsi. Pasalnya, ada juga produk  yang sebetulnya tanggal kadaluarsanya masih jauh, namun sudah terlihat rusak karena tatacara penyimpanan yang tidak benar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: