Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ratna Listy Jadi Duta ‘Dolanan’ Anak

53
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Maraknya beragam tontonan video games membuat anak-anak Indonesia masa kini tidak banyak mengenal ‘dolanan’ khas Indonesia. Dolanan atau permainan anak-anak dalam kemasan seni yakni bernyanyi, menari sambil bermain untuk bersenang-senang kini semakin jarang dilakoni.

Padahal dolanan yang merupakan permainan anak-anak yang diangkat dari kearifan budaya Indonesia dengan sentuhan seni dan teknologi terbukti ampuh dalam menangkal degradasi mental anak-anak di era globalisasi.
Nasib dolanan anak tradisional yang semakin terpingkirkan juga dirasakan oleh selebritis Ratna Listy. Ratna Listy bersama komunitas pecinta dolanan anak, kemarin, Minggu (8/3/2015) menggelar acara Gelar Dolanan Nusantara di acara Car Free Day, Jakarta.

Pada kegiatan yang diadakan di Car Free Day ini, Gelar Dolanan Nusantara menyediakan permainan-permainan tradisional yang bisa dimainkan secara gratis. Permainan tradisional ini ternyata juga biasa dimainkan oleh RatnaListy yang dinobatkan sebagai duta dolanan anak.

“Ini semua permainan kecilku dulu seperti gangsing, congklak, dulu saya juga ada permainan mobil-mobilan terbuat dari jeruk bali,” lanjut Ratna.

Dalam kesempatan yang sama Ratna sempat mengungkapkan jika dirinya berharap kegiatan kali ini bisa menjadi awal bagi anak-anak nusantara untuk kembali mencintai permainan tradisional.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: