Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Trik Memilih Durian yang Bagus

31
foto: durian
foto: durian

Jakartakita.com – Walau musim durian hampir berakhir. Namun, masih banyak pedagang durian pinggir jalan yang masih menjajakan durian dari berbagai daerah.

Bagi Anda yang terbiasa berburu durian ‘kupasan’ yang biasa dijual di supermarket mungkin tak perlu risau salah pilih durian. Durian yang sudah dikemas biasanya durian matang yang sudah terpilih. Kalau Anda pandai memilih, durian yang dijual di pinggir jalan tak kalah manis dan legit loh dibandingkan durian supermarket. Nilai plusnya harga durian di pinggir jalan lebih ‘miring’.

Nah, bagi Anda yang ingin menjajal berburu durian lezat di pinggir jalan, ini dia trik memilih durian yang bagus:

1. Fisik . Dont judge book from its cover! tampaknya peribahasa ini cocok untuk diterapkan dalam memilih durian. Pasalnya tidak ada standar baku dalam tampak luar durian. Buah durian memiliki warna hijau, kuning, hingga kecoklatan. Setiap warna buah belum tentu merepresentasikan kualitas durian. Warna hijau tak selalu belum matang. Begitu pun warna kuning juga belum tentu telah matang. Namun biasanya durian lokal yang sudah matang biasanya berwarna hijau.

2. Aroma. Sambil melihat fisik durian, cobalah untuk mencium aroma wanginya. Buah durian yang matang, walaupun belum dibuka kulitnya, aromanya sudah menembus. Dekatkan hidung dan hirup aromanya. Jika sudah tercium wanginya, berarti durian itu sudah matang.

3. Tangkai. Pilih yang tangkainya terkelupas atau pecah, pertanda bahwa buah matang di pohon, tidak dipotong, dan jatuh dengan sendirinya.

4. Bunyi. Tepuk-tepuk bagian kulit dengan benda tumpul. Jika bergema, berarti sudah matang sempurna.

5. Duri. Jika ingin durian yang berdaging kering dan padat, pilih yang durinya jarang dan besar. Jika ingin yang berdaging basah, pilih yang kulitnya berjarak dekat.

6. Perhatikan Musim. Musim ketika tumbuh juga mempengaruhi kualitas daging. Jika durian yang dihasilkan ketika musim hujan biasanya daging durian akan gagal mencapai kualitas terbaik. Musim yang disarankan untuk melahap kelegitan buah ini adalah ketika musim kemarau.

Nah, selamat berburu durian!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: