Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Apple dan Microsoft Akhirnya Berhasil Atasi ‘Freak’

39

Apple MicrosoftJakartakita.com – Microsoft dan Apple baru saja meluncurkan patch keamanan terbaru untuk mengatasi ‘Freak’. Freak sendiri merupakan sebuah celah keamanan yang ditemukan oleh sekelompok peneliti keamanan cyber. Ia merupakan kependekan dari Factoring attack on RSA-EXPORT Keys. Freak memungkinkan peretas memata-matai komunikasi pengguna saat mengunjungi ribuan situs.

Sejumlah situs pemerintah Amerika Serikat seperti Whitehouse.gov, NSA.gov, dan FBI.gov pernah terganggu oleh adanya freak. Freak pertama kali dikonfirmasi browser Safari milik Apple, browser Android Google (bukan Chrome desktop), dan Internet Explorer milik Microsoft.

Microsoft memberikan nama patch untuk masalah Freak sebagai Security Bulletin ID MS15-031. Dan Microsoft memberikan rating “Important” atau “Penting” untuk patch keamanan Freak tersebut. Itu artinya, pengguna diharuskan untuk mengunduh dan menginstalasipatch tersebut demi keamanan sistem Windows.

Pembaruan keamanan untuk masalah freak ini hadir bersamaan dengan 14 patch keamanan lain. Seperti dilansir dari The Next Web, patch tersebut untuk memperbaiki berbagai celah dalam sistem operasi Windows, Internet Explorer, Office, SharePoint Server, dan Exchange Server.

Sementara itu, Apple juga merilis berbagai paket patch celah keamanan, yang salah satunya bertugas untuk menambal celah Freak. Patch tersebut dapat digunakan untuk memperbaiki keamanan di search engine Safari pada platform OS X Mountain Lion, Mavericks, dan Yosemite. Tidak hanya dari segi laptop dan perangkat PC, Apple juga berusaha memperbaiki celah Freak yang ada di OS mobile iOS. Lewat iOS versi 8.2.

Sistem keamanan terbaru pada Apple dan Microsoft, bisa didapatkan saat melakukan update sistem operasi. Tinggal, Google yang belum merilis patch.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: