Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Lemak Juga Baik Untuk Tubuh. Ini Buktinya!

232
lemak tubuh
foto : istimewa

Jakartakita.com – Umumnya orang awam menilai lemak di tubuh sebagai biang kerok penyakit di era modern seperti saat ini, seperti penyakit jantung atau obesitas. Lemak pun kerap dihindari karena dianggap dapat mengurangi penampilan (kecantikan) yang ideal seperti yang sering ditampilkan di media massa. Padahal, lemak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

“Lemak adalah salah satu asupan penting dalam tubuh yang berfungsi sebagai sumber energi, bahan mentah untuk hormon hingga sistem daya tahan tubuh,” kata pakar nutrisi Emilia Achmadi, di Jakarta, Jumat (13/3/2015).

Dijelaskan, lemak adalah satu dari makro nutrisi yang bila tidak dikonsumsi akan bermasalah bagi tubuh. Lemak juga menjadi bahan mentah untuk hormon dan berperan dalam sistem daya tahan tubuh.

Fungsi lemak dalam tubuh, lanjut Emilia, antara lain sebagai sumber energi yang memungkinkan manusia beraktivitas. Selain itu, lemak berfungsi sebagai penjaga suhu tubuh agar stabil dalam cuaca ekstrem. Fungsi ini terlihat jelas di tempat yang memiliki perbedaan cuaca ekstrem, seperti negara empat musim.

“Lemak jadi insulasi untuk menjaga temperatur tubuh, tidak boleh terlalu dingin atau panas,” ujar dia.

Oleh karena itu, dia menegaskan bahwa menghindari lemak bukanlah langkah yang bijaksana. Yang harus dipahami, ujar dia, adalah lemak seperti apa yang baik untuk tubuh. “Lemak itu tidak berbahaya, kita lah yang berbahaya kalau tidak punya disiplin,” tandasnya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: