Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Sekeping Koin Langka Terjual 46 Ribu Poundsterling

54
koin langka inggris
foto : istimewa

Jakartakita.com – Bagi penyuka barang-barang antik, mengoleksi benda-benda langka dan berumur tua, tentu sangat menyenangkan. Dan pastinya, jika benda yang dikoleksi tersebut merupakan barang yang ‘benar-benar langka’, tentu bernilai jual tinggi dipasaran.

Seperti halnya sekeping koin langka yang berasal dari masa perang saudara di Inggris, yang terjual dengan harga 46 ribu poundsterling atau sekitar Rp902 juta di rumah lelang Dorchester, melalui proses tawar yang sengit dengan harga dua kali lipat dari yang diperkirakan sebelumnya.

Menurut ahli koin, Timothy Medhurst, koin tersebut telah diwariskan selama beberapa generasi, dan pemiliknya sekarang tidak tahu nilai koin itu.

“(Koin) itu adalah koin yang dicari-cari, dan dapat menimbulkan kegemparan di dunia kolektor koin,” kata Timothy seperti dilaporkan Mirror, Jumat (13/3/2015).

Koin tersebut, sambungnya, berasal dari tahun 1643 saat Raja Charles I meninggalkan London dan mencoba mengambil kembali kekuasaan dari parlemen Inggris yang dipimpin oleh Oliver Cromwell.

Koin berdiameter 5,2 cm tersebut, terbuat dari perak yang bernilai 1 poundsterling. Adapun ciri lain dari Koin Deklarasi tersebut, bertanda tahun 1643 atau setahun setelah Perang Sipil Inggris antara loyalis kerajaan dan parlemen pecah. Di koin tersebut juga tertulis tulisan dalam Bahasa Latin yang berarti “Biarkan Tuhan bangkit dan musuh-musuh tercerai berai.”

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: