Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Taman Pintar, Tempat Rekreasi Baru di Jakarta

312
foto: Fajar Herlambang
foto: Fajar Herlambang

Jakartakita.com – Hari ini, Sabtu (14/3/2015), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi membuka Taman Pintar di Pulo Gadung, Jakarta Timur. Taman Pintar itu berada di atas lahan milik Pemprov DKI seluas 3.104 meter persegi yang diperuntukan sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta, Nandar Sunandar menjelaskan, taman pintar yang diresmikan oleh Veronica Tan (Istri Ahok) memiliki tujuh impian pintar seperti, pintar dari segi lingkungan hidup, kesehatan, kewarganegaraan, budaya, pengembangan karakter, manajemen diri dan pintar berpikir.

Ketujuh pintar tersebut dapat dicapai melalui berbagai kegiatan yang didukung oleh fasilitas taman. Lahan hijau ini dilengkapi dengan jogging atau walking trackhealthy track, arena bermain anak, lapangan futsal, sebuah plaza, dua gazebo, kamar kecil dan fasilitas cuci tangan.

Tanaman dan pohon dilengkapi dengan informasi lengkap mengenai jenis maupun kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Keunggulan lainnya untuk warga sekitar yakni adanya satu ceruk resapan, lima sumur resapan dan 30 lubang biopri, sehingga daerah ini tidak lagi kebanjiran saat musim hujan.

Sebelumnya area taman ini pernah dibiarkan kosong dengan pagar tinggi yang mengelilinginya. Lokasinya di tengah pemukiman padat yang rawan konflik dan kerap digunakan sebagai tempat transaksi narkoba, pembuangan sampah dan parkir kendaraan.

Rencananya, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta juga akan membukan taman pintar lainnya di 270 kelurahan dalam waktu dua tahun. Bahkan di Cililitan, Gandaria, Sungai Bambu, Pulau Untung Jaya, Cideng sudah dimulai pembangunannya.

Dalam pidatonya, Veronica juga menyampaikan  kalau fasilitas taman pintar ini milik bersama dan menjadi tanggung jawab bersama. Walaupun sebenarnya sejumlah institusi terkait telah menandatangani kerjasama untuk melakukan pemeliharaan taman selama tiga tahun sejak diresmikan, namun pemeliharaan taman pintar ini tidak bisa dipisahkan dari peran warga sekitar dalam menjaganya.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: