Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Danamon Peduli, Konsisten Jalankan Program Pasar Sejahtera

203

logo-yayasan-danamon-peduliJakartakita.com – Sejak tahun 2010, Danamon Peduli menjalankan program Pasar Sejahtera (Sehat, Hijau, Bersih, Terawat) dengan fokus pelaksanaan program pada revitalisasi fisik pasar dan revitalisasi non fisik, seperti peningkatan kapasitas kelembagaan dan edukasi untuk peningkatan kesadaran perubahan perilaku hidup bersih dan sehat.

Saat ini, terdapat sembilan pasar percontohan Pasar Sejahtera, yaitu Pasar Ibuh di Payakumbuh Sumatera Barat, Pasar Tejoagung di Metro Lampung, Pasar Sindangkasih di Majalengka Jawa Barat, Pasar Bunder di Sragen Jawa Tengah, Pasar Grogolan di Pekalongan Jawa Tengah, Pasar Baru di Kota Probolinggo, Pasar Semampir di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, Pasar Kemuning di Pontianak Kalimantan Barat, dan Pasar Lambocca di Bantaeng, Sulawesi Selatan. Dari jumlah tersebut, dua pasar yaitu Pasar Sindangkasih dan Pasar Semampir, sudah diserahterimakan kepada Pemerintah setempat.

Memasuki tahun kelima perjalanan program Pasar Sejahtera, Danamon Peduli mengambil langkah strategis dalam pengembangan fokus pelaksanaan program, yaitu pada aspek promosi. Kegiatan promosi mendorong pasar rakyat mampu bersaing dengan pasar ritel modern yang diharapkan dapat memenangkan hati masyarakat.

Dengan tema Kampanye Nasional 2015 “Mengembalikan Pasar Rakyat Menjadi Primadona Perekonomian Indonesia”, rangkaian kegiatan yang menampilkan kekayaan sebuah pasar dengan melihat dari aspek sejarah, budaya, kearifan lokal, kekayaan komoditas dan kuliner yang dikemas secara kreatif dan melibatkan seluruh lapisan masyarakat digelar. Salah satunya adalah Festival Pasar Rakyat Tejoagung, yang diselenggarakan 15 Maret 2015 lalu.

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular Dr. Eko Rahajeng, SKM.M.Kes, Kepala Subdit Pengembangan Sarana Distribusi Direktorat Logistik dan Sarana Distribusi Nina Maro, Sekretaris Daerah Kota Metro Drs H Ishak, MH, Wakil Direktur Utama Danamon Muliadi Rahardja, serta Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon PeduliRestu Pratiwi.

Selain melalui kegiatan Pasar Sejahtera, Danamon Peduli mewujudkan misi melalui 3 program lainnya. Program Peduli Lingkungan merupakan bentuk kepedulian dan partisipasi Yayasan Danamon Peduli terhadap isu lingkungan hidup. Dalam mendukung pelestarian lingkungan dan budaya melalui pemberdayaan masyarakat lokal, Danamon Peduli mengembangkan Program Ikon Regional yang diawali dengan kegiatan pertama di kawasan Rumah Si Pitung, Marunda Jakarta Utara. Melalui program Cepat Tanggap Bencana, Danamon Peduli bekerja sama dengan para relawan dari karyawan Danamon dan Adira menyalurkan bantuan cepat kepada masyarakat yang terkena bencana selain juga melakukan beberapa kegiatan edukasi masyarakat dalam upaya mencegah dan memitigasi dampak bencana.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: