Take a fresh look at your lifestyle.

Tips Menurunkan Kolesterol Dalam Tubuh

0 1,096

foto istimewa - kolesterol naikJakartakita.com – Mereka yang mengalami gejala kolesterol tinggi pastinya akan menimbulkan beberapa gejala seperti pegal di bagian tengkuk leher belakang, migraine (sakit kepala sebelah), sering kesemutan dan persendian terasa nyeri. Jika kondisi ini sering terjadi pada Anda, maka segeralah periksakan darah Anda, mungkin saja itu disebabkan oleh karena kadar kolesterol dalam tubuh Anda yang tidak pada batas normal.

Penyakit kolesterol akan membawa dampak serius bagi para penderitanya. Ini merupakan cikal bakal dari berbagai jenis penyakit lainnya seperti, diabetes mellitus, hipertensi, serangan jantung, stroke (karena penyempitan pembuluh darah). Sangat bahaya sekali bukan?

Sebagai informasi, kadar kolesterol tubuh bisa dikatakan normal jika ukurannya 160 – 200 mg, akan menjadi sangat berbahaya jika ukurannya berada diatas 240 mg. Hati – hati, kalau menunjukkan angka ini, Anda harus segera memperbaiki pola makan dan hidup teratur dengan berolah raga. Berikut adalah tips – tips menarik untuk menghindari naiknya kadar kolesterol dalam darah.

Cara terbaik dalam menurunkan, mencegah dan menjaga kestabilan kolesterol dalam tubuh:

  1. Sarapan pagi dengan havermut.
  2. Jangan makan kuning telur, cukup bagian putihnya saja.
  3. Minumlah susu (low fat) tanpa lemak.
  4. Jangan makan kulit dari ayam / bebek (sama sekali jangan), atau cobalah untuk makan daging kelinci.
  5. Jangan mengkonsumsi makanan bersantan (walaupun sayur).
Related Posts
1 daripada 5,068

Berikut adalah jenis makanan yang harus dihindari apabila kadar kolesterol dalam tubuh Anda diatas 240 mg

  1. Mentega dan aneka gorengan, jika Anda ingin mengkonsumsi sesuatu yang digoreng, gunakanlah minyak zaitun atau minyak canola.
  2. Hindari makan daging berlemak, seperti gajih, tetelan, jeroan, babat, dan sejenisnya.
  3. Hindari makan sosis, keju, dan susu berlemak tinggi.
  4. Hindari makan udang, kerang, kepiting, siput, dan belut karena kandungan kolesterolnya sangat tinggi.

Kolesterol dapat diturunkan dengan cara pola makan yang benar dan berolah raga secara teratur sesuai target yang hendak dicapai. Olah raga yang cocok untuk penderita kolesterol tinggi adalah berlari, kardio, aerobic, dan treadmill. Usahakan lakukan 3 – 5 kali seminggu. Hal terpenting lainnya adalah usahakan untuk tidak merokok dan meminum minuman beralkohol.

Berikut adalah makanan penurun kolesterol yang ampuh:

  1. Kacang Kedelai
  2. Kacang – kacangan, (kacang almon dan kenari)
  3. Ikan Salmon
  4. Alpukat
  5. Bawang Putih
  6. Bayam

Jadi, bagi kalian yang telah cek darah dan kaget kadar kolesterol dalam tubuh sedang balapan dengan nilai TOEFL, silahkan mencoba tips diatas. Selamat mencoba…

Tinggalkan komen