BRI-Polri Kembangkan Aplikasi SIM Online

foto: istimewa

foto: istimewa

Jakartakita.com – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, Persero (BRI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menjalin kerja sama dalam sistem layanan pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara online. Aplikasi SIM Online adalah sebuah sistem yang dikembangkan BRI untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan transkaksi pembuatan ataupun memperpanjang kartu SIM secara online.

“Apa yang di bangun hari ini, kami serahkan untuk dikelola oleh Mabes Polri tidak oleh BRI lagi,” tutur Direktur Utama BRI Asmawi Syam, di kantor Markas Besar (Mabes) Polri, Jakarta, Senin (23/3/2015).

Menurut Asmawi, Aplikasi SIM Online merupakan implementasi dari prinsip integrasi, sentralisasi, dan online (Integrated, Centralized, Online/ICO) yang besar manfaatnya. Dalam aplikasi ini, integrasi dilakukan antara data SIM nasional dengan sistem data kependudukan (e-KTP) yang dimiliki oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sebelumnya, aplikasi SIM Online hanya dapat digunakan pada masing-masing propinsi sesuai KTP pemilik SIM. Dengan adanya inovasi sentralisasi SIM Online terbaru ini, masyarakat diberikan kemudahan dalam mengajukan penerbitan SIM, karena dapat dilakukan dari mana saja.

“Tanpa aplikasi ini, misalnya mahasiswa Papua yang kuliah di Jogja atau di Jakarta pada waktu SIM-nya habis mereka harus kembali ke Papua untuk memperpanjang SIM padahal ongkos (memperpanjang) SIM itu sangat jauh lebih murah daripada ongkos dia kembali ke Papua untuk mengurus SIM, ” jelas Asmawi.

Selanjutnya, masyarakat akan diberikan kemudahan melakukan pembayaran melalui 10.396 unit kerja, 20.792 mesin ATM, dan 131.204 unit EDC BRI di seluruh pelosok tanah air.

Proses uji coba sistem SIM Online telah dilaksanakan sejak akhir bulan Desember 2014 sampai dengan saat ini, dengan jumlah SIM A Perpanjangan sebanyak 21.883 Kartu, SIM C Perpanjangan sebanyak 27.161 kartu, SIM A Baru sebanyak 10 kartu, dan SIM C Baru sebanyak 6 kartu.

Lokasi uji coba tersebar di wilayah Satuan Pelaksana Administrasi (Satpas) Polda Metro Jaya, yaitu di Daan Mogot, Gorontalo, Kebon Nanas, Blok A, Kemayoran, Gerai SIM Taman Palem, Gerai SIM Artha Gading, Gerai SIM Blok M, Gerai SIM Taman Mini, Gerai SIM Gandaria City, SIM Keliling Selatan, SIM Keliling Utara, SIM Keliling Pusat, SIM Keliling Timur, dan SIM Keliling Barat.

Ke depannya, akan dilakukan uji coba sistem SIM Online di wilayah Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Depok, Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang.

Diharapkan dengan diimplementasikan sistem SIM Online nantinya juga dapat meningkatkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) Polri.

Comments

comments




0 thoughts on “BRI-Polri Kembangkan Aplikasi SIM Online”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

You may also like...

Cari



Follow Us

Lowongan Kerja Jakarta


Kolom Expert – Ekonomi

DR. Agus Tony Poputra
Pengamat Ekonomi - Universitas Sam Ratulangi Manado.

Kolom Expert – Properti

Jakarta News Wire