Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Menimbang Berat Badan?

foto: istimewa

foto: istimewa

Jakartakita.com Timbangan berat badan adalah salah satu alat yang ditakuti oleh kaum hawa. Mereka – para perempuan, pastinya akan dibuat galau kalau  jarum timbangan menunjukkan angka besar. Membuat dunia seakan mau runtuh karena berat badan bertambah naik.

Sangkin galaunya, ada beberapa perempuan yang menimbang berat badannya sampai berkali – kali setiap harinya. Mungkin berharap ada kesalahan pada timbangannya, dan jika tidak berubah maka timbangan kerap kali dianggap sudah rusak. Ini merupakan cara yang salah dalam menimbang berat badan.

Tahukah Anda, sebenarnya ada waktu tertentu untuk mengukur berat badan lewat timbangan agar hasilnya akurat. Karena ada beberapa faktor yang menentukan arah pergerakan jarum timbangan.

Perlu diketahui, kandungan yang terdapat pada badan kita terdiri dari tiga unsur yaitu lemak, otot dan air. Timbangan mengukur keseluruhan ketiga unsur tersebut, lalu didapatkanlah hasil melalui jarum timbangan. Angka hasil timbangan ini dapat berfluktuisasi dalam waktu satu hari dengan kisaran 1-2 kg.

Yang menyebabkan fluktuisasi ini adalah, apa yang kita asup kedalam badan kita sendiri. Berat badan akan naik begitu kita menimbang setelah makan, dan kenaikannya bisa mencapai 1 kg. Bahkan saat kita meminum segelas air saja maka berat badan kita akan bertambah 250 – 500 gram.

Lebih baik berkonsentrasi pada pola makan dan kandungan makanan yang Anda asup. Asupan makanan yang berat pada saat malam hari dan kebanyakan mengkonsumsi minuman beralkohol merupakan salah satu faktor penambah berat badan yang paling cepat. Hal ini disebabkan karena minuman beralkohol susah untuk dicerna dan dapat dipastikan dalam beberapa hari kedepan berat Anda akan berfluktuisasi antara 1-2 kg.

Waktu Menimbang Berat Badan Yang Tepat

Waktu menimbang berat badan yang tepat adalah pada pagi hari, setelah Anda bangun tidur dan sebelum sarapan. Timbanglah berat badan Anda, maka hasilnya adalah berat ideal badan Anda yang sesungguhnya. Jangan menimbang saat sore hari, karena dapat dipastikan tidak akurat, berat badan Anda sedang tidak ideal jika menimbang berat badan pada sore hari.

Namun demikian, sebaiknya Anda jangan terlalu memperhatikan berat badan Anda lewat timbangan. Pergunakanlah alat timbangan dengan tujuan yang tepat diwaktu yang benar. Sehingga bisa bermanfaat buat Anda, bukan hanya membuat Anda tambah galau.

Selamat Mencoba…

 

Comments

comments




0 thoughts on “Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Menimbang Berat Badan?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

You may also like...

Cari



Follow Us

Lowongan Kerja Jakarta


Kolom Expert – Ekonomi

DR. Agus Tony Poputra
Pengamat Ekonomi - Universitas Sam Ratulangi Manado.

Kolom Expert – Properti

Jakarta News Wire