Take a fresh look at your lifestyle.

Ini Dia Asal Usul Jembatan Besi di Kecamatan Tambora, Jakarta Barat

1 6,865
wilayah jembatan besi - tambora jakbar
foto : istimewa

Jakartakita.com – Jembatan Besi adalah nama sebuah tempat di Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Semula penduduk asli daerah itu mayoritas orang Betawi. Tetapi, seiring dengan perkembangan Kota Jakarta, bermukimlah suku-suku lain seperti Jawa, Madura, dan etnis Tionghoa.

Mengapa daerah itu diberi nama Jembatan Besi?

Zaenuddin HM memberikan jawaban dalam buku karyanya berjudul “212  Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman yang diterbitkan Ufuk Press pada Oktober 2012.

Related Posts
1 daripada 5,699

Di dalam buku tersebut, diungkapkan bahwa, dalam sejarah Kota Batavia, terutama di Kecamatan Tambora, pernah ada 5 jembatan utama yang menghubungkan kampung satu dengan kampung yang lainnya.

Maklum, dahulu kawasan tersebut berupa rawa-rawa dan persawahan, yang masing-masing dihubungkan dengan jembatan dan semuanya terbuat dari besi.

Jembatannya kokoh dan tahan puluhan tahan lamanya, sehingga, konon masyarakat pada masa itu mengagumi jembatan yang notabene buatan Belanda.

Mereka biasa melewati jembatan tersebut hingga kemudian populer daerah itu disebut Jembatan Besi. Hingga sekarang pun kawasan itu tetap bernama Jembatan Besi. (Sumber : Bisnis.com)

 

Tunjukkan Komen (1)