Pemprov DKI Segera Lelang Proyek Perbaikan 60 Gedung di Kawasan Kota Tua

kawasan kota tua jakarta

foto : istimewa

Jakartakita.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera menggelar lelang proyek perbaikan 60 gedung di kawasan Kota Tua, Jakarta Utara. Lelang tersebut dilaksanakan sebagai bagian dari program revitalisasi situs bernilai sejarah di area tersebut.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, akan mengundang lebih banyak pengusaha untuk berpartisipasi dalam program revitalisasi gedung-gedung di kawasan Kota Tua.

“Lelang akan disiapkan dalam sebulan ke depan. Saya minta Kepala Dinas Pariwisata untuk mempersiapkan dokumen lelang,” ujarnya di Balai Kota, Jumat (17/4/2015) lalu.

Sebelumnya, Pemerintah DKI Jakarta telah bekerja sama dengan PT Jakarta Old Town Revitalization Corps (JOTRC) untuk merevitalisasi 27 gedung tua yang tersebar di 10 titik di kawasan wisata sejarah di utara Ibu Kota tersebut. Namun, Ahok -panggilan akrab Basuki- mengungkapkan, pemerintah sebenarnya ingin menambah 60 gedung yang ada di 10 lokasi untuk dipugar.

Menurutnya, lelang dilaksanakan lantaran PT JOTRC tidak bisa menyediakan dana untuk merevitalisasi semua gedung bersejarah di kawasan Kota Tua.

Opsi mengajak lebih banyak investor terbuka lebar lantaran bangunan-bangunan yang sudah berdiri sejak zaman Belanda tersebut sebagian besar dimiliki oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pemprov DKI akan menentukan harga sewa revitalisasi gedung. Harga sewa, lanjutnya, dipatok sesuai luas masing-masing gedung. Ahok berdalih memiliki strategi, jika dalam proses lelang ada gedung yang tidak diminati investor alias tidak laku.

“Kalau ada gedung yang tidak laku, saya menginstruksikan ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI untuk membeli gedung tersebut. Gedungnya bisa digunakan untuk pembangunan bioskop film pendek atau dijadikan pusat pelatihan bagi insan perfilman,” katanya. (Sumber : Bisnis.com)

 

Comments

comments




One thought on “Pemprov DKI Segera Lelang Proyek Perbaikan 60 Gedung di Kawasan Kota Tua”

  1. m joko r says:

    Berikan kesempatan untuk kami pak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

You may also like...

Cari



Follow Us

Lowongan Kerja Jakarta


Kolom Expert – Ekonomi

DR. Agus Tony Poputra
Pengamat Ekonomi - Universitas Sam Ratulangi Manado.

Kolom Expert – Properti

Jakarta News Wire