Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Layanan Radio FM di Norwegia Bakal Segera Ditutup

230
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Norwegia diberitakan akan segera menutup siaran radio yang menggunakan gelombang FM mulai awal 2017. Dengan demikian, Norwegia akan menjadi negara pertama yang menutup layanan radio FM dan beralih ke layanan radio digital.

Seperti dilansir dari situs Radio.no,  layanan Radio dengan gelombang FM bakal ditutup secara resmi oleh pemerintah Norwegia mulai 11 Januari 2017 setelah diajukan sejak tahun 2011. Setelah penutupan tersebut,  Norwegia akan menerapkan standar nasional siaran dengan menggunakan Digital Audio Broadcasting (DAB).

Saat ini, DAB menawarkan 22 saluran nasional, dan memiliki kapasitas untuk ditambah 20 saluran baru. Angka ini tentu lebih banyak ketimbang gelombang FM yang hanya menawarkan 5 saluran.

Selain itu, menurut kementerian, biaya transmisi melalui gelombang FM disebut lebih mahal delapan kali jika dibandingkan transmisi DAB.

Menurut Radio.no, sejumlah negara di Eropa dan Asia Tenggara juga sudah mempertimbangkan perpindahan ke DAB. Namun, hingga saat ini belum ada negara yang mengumumkannya secara resmi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: