Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Robot Humanoid Diluncurkan Toshiba di Jepang

224
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Chihira bukanlah pekerja biasa, ia mengenakan kimono dan tersenyum dan menyapa pembeli di pintu masuk toserba Mitsukoshi Tokyo. Dia adalah robot humanoid.

Robot itu memulai debut di pusat perbelanjaan pada Senin (20/4/2015). Robot ini dikembangkan oleh Toshiba dari tahun lalu, ia mampu berinteraksi dengan pelanggan seperti tenaga pramusaji profesional.

Chihira, sangat mirip dengan manusia, matanya bisa berkedip, ia pun bisa berbicara dalam Bahasa Jepang. Namun dalam kondisi tertentu, Chihira bisa berbicara menggunakan bahasa lain, semua bisa di atur melalui sebuah program.

“Robot ini bisa memberi panduan, dan merekomendasikan berbagai hal dalam bahasa Tiongkok,” ujar Hitoshi Tokuda, manager divisi pengembangan bisnis baru Toshiba.

“Orang-orang  melihat-lihat dan berpikir, ‘Oh Aiko ada di sini, dia ternyata juga bisa Berbahasa Tiongkok?’. Itulah yang harap akan terjadi,” jelas dia, seperti dilansir dari Reuters.

Pihak dari Toshiba mengatakan, robot Chihira dilengkapi dengan 43 mesin, yang memungkinkan ia bisa bergerak luwes layaknya seorang manusia.

Pada penampilan perdananya Senin (20/4/2015), Chihira didampingi oleh salah seorang penyanyi opera Jepang Shoko Iwashita. Di mana Chihira terlihat seperti melakukan lip-sync, robot tersebut meminta tepuk tangan untuk Iwashita.

“Saya ingin Anda mendengarkan lagu yang sudah saya pelajari dengan keras,” robot tersebut berbicara dalam bahasa Jepang.

Chihira tidak diprogram untuk menanggapi keluhan atau pertanyaan pelanggan. Dia bukanlah satu-satunya robot yang bekerja di toko. Tahun lalu, dikabarkan pula, secara resmi Nestle telah meminta robot humanoid milik SoftBank Corp, Pepper, untuk membantu menjual mesin pembuat kopi di toko perabotan rumah tangga di seluruh Jepang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: